sportourism.id – Piala Dunia 2018 sudah beberapa hari lagi. Semaraknya sudah terasa karena pesta sepak bola dunia yang tahun ini menempati Rusia akan segera tayang. Akan ada 12 stadion di Rusia yang akan ditempati dan menampung 64 pertandingan. Tapi, selain ke-12 stadion yang luar biasa tersebut keliling dulu stadion unik yang ada di seluruh dunia.

Tak hanya tempat di mana para klub sepak bola berlatih dan bertanding, deretan stadion ini punya ‘keistimewaan’ nya tersendiri. Mulai dari lapangan sepak bola mengapung, hingga salah satu stadion terbesar namun ditolak menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Marina Bay Stadium, Singapura

Stadion di Singapura ini cukup unik. Karena posisinya tak biasa, bukan di atas daratan melainkan stadion ini mengapung di atas Marina Bay, Singapura. Marina Bay Stadium ini berdiri pada 2007 dan menjadi panggung terbesar di dunia yang mengapung. Meski jadi salah satu stadion yang unik, nyatanya tempat ini tak dijadikan markas tim sepak bola nasional Singapura. Kapasitas stadion ini bisa menampung hingga 30 ribu orang, yang selain dijadikan tempat pertandingan bola juga sering digunakan sebagai venue konser dan acara publik lainnya.

Estadio BBVV Bancomer, Meksiko

Kapasitas stadion ini sekitar 52 ribu. Menariknya, selain pertandingan di depan mata, berada di stadion ini juga bisa sambil menikmati pemandangan sekitar yang luar biasa. Hadirnya stadion ini bukan tanpa kontroversi, mengingat berada di tengah gunung Cerra de la Silla yang memiliki efek buruk pada satwa liar setempat. Namun, pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Apalagi kalau menonton dari posisi paling atas. Tak hanya seru di dalam stadion, bagian luarnya pun sangat indah.

Estadio Municipal de Braga, Portugal

Dibangun pada tebing, membuat stadion markas Sporting Clube De Braga ini unik sekaligus ‘aneh’. Karena stadion ini adalah keajaiban arsitektural yang nyata. Dibangun pada 2004 untuk Kejuaraan Eropa, stadion ini punya dua tribun besar. Di mana salah satu sisi lapangannya dihubungan oleh tali baja. Masing-masingnya punya kapasitas 15 ribu dan dapat diakses dari alun-alun seluas 5.000 meter persegi di bawah stadion.

Mmabatho Stadium, Afrika Selatan

Beda lagi dengan stadion di Afrika Selatan ini, bangunannya yang dinilai ‘tak layak’ membuat lokasi ini pun tak dipilih sebagai arena Piala Dunia 2010 silam. Padahal, Mmabatho Stadium merupakan satu dari lima arena olahraga terbesar di negara tersebut. Bentuk stadion yang berkesan ‘belum selesai’, sebab tak ada penyewa yang permanen main di sana, hanya universitas lokal yang menggunakannya sebagai sarana latihan. Yang membuatnya semakin unik adalah desainnya yang aneh, saat penonton harus duduk di blok-blok berbentuk tal biasa yang tak selalu memandang ke arah lapangan.