JAKARTA - PSSI melalui Asosisasi Sepak Bola Wanita berencana menggelar kompetisi liga sepak bola wanita. Untuk itu, Asosiasi ini mulai mematangkan persiapan dan sosialisasi menjelang gelaran itu di kantor PSSI, Gedung Menara Olahraga Senayan lantai 12, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Rapat sosialisasi ini dipimpin oleh Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita, Papat Yunisal beserta para perwakilan pelatih klub sepak bola wanita, Aam Muharam (Putri Bmira, Banten), Adi Kuswanto, Junaedi M. Inung R. Cakra (Radika Angels, Bogor), Leodi Hendar (CFS Ladies, Bogor), Ryan Wahyu Saputra dan Lili Haryati (Goal Aksis, Bogor).

Mereka mendengarkan secara langsung masukan dan paparan mengenai bagaimana seharusnya sebuah kompetisi sepak bola wanita berjalan dari salah satu ahli sepak bola wanita dari Norwegia, Jan Henrik.

“Kami dari Asosiasi Sepak Bola Wanita berencana untuk mengadakan kompetisi sepak bola wanita yang akan berlangsung di bulan September 2019. Kami mendatangkan Jan Henrik ahli kompetisi sepak bola wanita dari Norwegia, untuk berbagi pengalamannya mengenai sepak bola wanita di negaranya. Dia akan berbagi pengalaman dan sosialisasi persiapan kompetisi bersama dengan para pelatih klub sepak bola wanita,” tutur Papat Yunisal.

Jan Henrik sendiri melihat adanya potensi besar di sepak bola wanita Indonesia. “Saya datang ke Indonesia, karena merasa tertantang untuk berbagi pengalaman yang saya dapat di Norwegia untuk bisa diimplementasikan dalam kompetisi sepak bola wanita,” bukanya.

“Ini juga akan menjadi ajang try out pemain, Membuka kesempatan pemain untuk bisa bermain di liga sepak bola Norwegia. Saya melihat Indonesia sebagai negara dengan potensi yang besar, dengan populasi, kultur budaya sepak bola yang kuat. Ini akan menjadi pengalaman berharga bagi saya, bekerja sama dengan federasi sepak bola Indonesia untuk memajukan sepak bola wanita secara serius,” tambahnya.

Pasca Piala Dunia Wanita yang digelar oleh FIFA, Jan melihat, kini semua negara mulai menggalakkan sepak bola wanitanya. “Akan menjadi peluang besar bagi sepak bola wanita di Indonesia untuk terus berkembang. Saya optimis Indonesia bisa sukses dan dapat ambil bagian pada Piala Dunia Sepak Bola Wanita selanjutnya dengan melihat banyaknya bakat yang ada di negara ini,” harap Jan. ***