JAKARTA - Petinju profesional Indonesia, Andika "D' Golden Boy" Sabu akan mempertahankan gelar juara kelas terbang (48, 988 kg) World Boxing Assocciation (WBA) Asia melawan petinju Filipina, Richard Rosales dalam pertarungan 12 ronde yang digelar di Mall MGK Mega Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019 mendatang.

Pertarungan yang digelar Martin Daniel Promotion dengan titel "Indonesia Fight XIII Tahun 2019" ini menjadi jembatan bagi Andika Sabu yang menduduki peringkat keempat WBA untuk mewujudkan mimpinya merebut gelar juara dunia WBA. 

"Mudah-mudahan Andika Sabu mampu mempertahankan gelar juara WBA Asia. Jadi, saya bisa memproyeksikannya untuk pertandingan perebutan gelar juara dunia WBA yang saya rencanakan Nopember mendatang sekaligus menyambut Hari Pahlawan," kata promotor Martin Daniel saat menyaksikan sparring partner Andika Sabu dengan tiga petinju profesional di Navaz Boxing Camp Sunter Jakarta Utara, Kamis, 8 Agustus 2019. 

Andika yang memiliki rekor 16 kali bertanding tanpa terkalahkan dengan 9 kemenangan KO ini sengaja dipertemukan dengan Richard Rosales dalam tang menambah jam terbang pertaningan internasional sekaligus menguji kemampuannya dalam rangka persiapan menghadapi pertarungan perebutan gelar juara dunia WBA. 

"Saya melihat Andika punya kemampuan untuk bisa diorbitkan ke jenjang dunia. Makanya, saya mencarikan lawan petinju Filipina yang kualitasnya cukup bagus. Jadi, pada pertarungan mempertahankan gelar nanti dia bisa menambah jam terbang sekaligus mengasah kemampuan sebelum tampil dalam pertarungan perebutan gelar juara dunia WBA," jelas Martin Daniel yang mendapat penghargaan SIWO Award 2018. 

Untuk menghadapi persiapan pertarungan itu, kata Martin Daniel, Andikan akan melakukan tiga kali sparring partner lagi melawan petinju lokal dari berbagai tipe. "Masih ada tiga kali sparring partner yang akan dijalani Andika sebelum pertandingan untuk memastikan kesiapannya untuk bisa mempertahankan gelar juara WBA Asia," ujarnya. 

Andika Sabu yang ditemui usai sparring partner mengatakan tidak akan mensia-siakan kesempatan yang diberikan promotor Martin Daniel. Dan, dia sudah siap mempertahankan gelar juara kelas terbang WBA Asia. 

"Saya sangat senang bisa berada di bawah bendera Martin Daniel Promotion. Sudah sejak sebulan lalu saya menjalani persiapan dalam menghadapi pertarungan mempertahankan gelar juara melawan Richard Morales. Apalagi, pak Martin Daniel menjanjikan pertarungan ini sebagai jembatan bagi saya menuju jenjang dunia," katanya.

"Terus terang, saya akan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Sebab, kesempatan itu tidak datang dua kali," tambah petinju Sasana Mirah Boxing Camp Bali.

Berbicara tentang Ricard Morales, Andika mengaku sudah mempelajari rekaman pertandingannya. "Saya sudah memahami gaya pertarungan Richard Morales lewat rekaman pertandingannya," aku Andika. 

Ini bukan pertama kali Andika menghadapi petinju Filipina. Saat merebut gelar juara kelas terbang WBA Asia, dia mengalahkan petinju Filipina, Romshane Sarquilla dengan Technical Decision ronde keenam di Kampus AMI/ASMI Jakarta, 6 April 2019. 

Selain menggelar pertandingan kelas terbang versi WBA Asia, Martin Daniel juga menggelar tiga kejuaraan nasional dan satu partai tambahan. Yakni, juara nasional kelas welter versi KTPI, Lerry Yuniman Siwu (Mirah Boxing Camp Balu) melawan Edi Prince Comaro (Wijaya Kusuma BC Kabupaten Cilacap). 

Perebutan gelar juara nasional kelas Bulu Super versi KTPI, Jefri Kakahure (Aquase Boxing Camp Tangerang) melawan Nur Ramajang Arkiang (KPJ Bulungan Jakarta). Kemudian, Reynold Kundimang (Aquase Boxing Camp Tangerang) yang akan memperebutkan gelar juara nasional kelas Ringan versi KTPI melawan Irfan Toda (Victory Target Gym Jakarta). Dan, Billy Rawung (Aquase Boxing Camp Tangerang) melawan Makruf Bambali (KPJ Bulungan) dalam pertarungan enam ronde. ***