SPORTOURISM - Pilates, olahraga satu ini nampaknya jarang disebut sebagai gerakan untuk kesehatan, tidak seperti erobik, zumba, atau yoga. Salah satu yang menggeluti olahraga tersebut adalah Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti.

"Olahraga yang biasa dilakukan adalah pilantes dan lari karena praktis. Biasanya, nonton di Youtube, durasinya antara 10 sampai 15 menit," kata Maria, sekaligus jadi Duta Gizi Japfa Foundation saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/02).

Pilates merupakan olahraga yang dikembangkan Joseph Hubert Pilates, yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Setiap metode gerakannya, difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh.

Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang. Wanita kelahiran 20 Januari 1992 ini pun rutin melakukan pilates, yakni minimal satu minggu dua kali.

"Sebelum pilates, biasanya lari. Dulu juga suka berenang, tapi sekarang lebih ke pilates," ujarnya.

Selain olahraga, Maria pun menjaga porsi makannya. Setiap kali makan, minimal ada tiga warna di piring. Misalnya, hijau untuk sayur, cokelat menggunakan daging dan putih adalah nasi. Karena kegiatannya yang cukup padat, dirinya pun harus tetap tampil prima.