JAKARTA - Luar biasa. Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) mendapatkan kepercayaan dari International Cricket Council (ICC) untuk mengirimkan Tim Cricket Indonesia untuk tampil mengikuti Criiio World Cup 2019 yang bertepatan dengan Cricket World Cup 2019 di Inggris.

Menurut Wakil Ketua Umum I PP PCI, Abhiram S Yadav, ini sebuah kehormatan bagi pihak Indonesia, dalam hal ini PP PCI. ''Ini suatu kehormatan bagi Indonesia,'' katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (28/5/2019).

Criiio adalah suatu gerakan untuk merayakan Cricket Sosial dimana ICC mencoba mematahkan stigma masyarakat tentang cricket sebagai olahraga yang mahal dan eksklusif. Cricket seharusnya bisa dimainkan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Tidak perlu stadion besar nan megah dan peralatan jutaan rupiah, Cricket juga bisa dimainkan di jalanan, memakai batang kayu dan bola plastik.

Menurut Abhiram, Tim Indonesia akan turut merayakan selebrasi tersebut bersama 4 tim lainnya: Brazil, Rwanda, India dan Inggris sebagai tuan rumah. “Beberapa pemain sudah dipilih untuk ikut serta dalam acara tersebut, pemain akan terdiri dari campuran orang orang ‘gila cricket’ yang sudah berkontribusi di Indonesia antara lain: guru olahraga, pelatih cricket, dan pemain internasional,” jelas Abhiram.

Tim Indonesia akan diberikan kesempatan untuk menceritakan perjalanan cricket di Indonesia, dan bagaimana pengembangan olahraga yang notabene masih asing untuk masyarakat Indonesia. Setelah itu mereka akan bertanding di kompetisi sosial diantara ke 5 tim untuk memenangkan Criiio World Champion. Criiio Wolrd Cup akan diadakan pada tanggal 11-16 Juli 2019 di ibu kota Britania Raya, London. ***