JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) akan menggelar turnamen golf bergengsi Bank BRI Indonesia Open di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, 29 Agustus hingga 1 September 2019.

"Turnamen ini merupakan turnamen golf kebanggaan kita bersama. Sebagai turnamen bertaraf internasional, banyak pemain hebat yang sudah ikut di turnamen ini. Kami ingin atlet-atlet golf kita semakin termotivasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dengan adanya penyelenggaraan Indonesia Open. Tahun ini, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik,” kata Murdaya Po, Ketua Umum PB PGI pada acara konferensi pers di Pondok Indah Golf, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Indonesia Open pertama kali diselenggarakan pada tahun 1974. Tahun ini merupakan tahun ke-39 Indonesia Open digelar. Turnamen yang akan di-sanction oleh Asian Tour ini akan memperebutkan hadiah uang total 500 ribu dolar AS. 

Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Open tidak terlepas dari dukungan para sponsor. Untuk kesekian kalinya Bank BRI kembali menjadi sponsor utama. “Kami sangat senang menjadi sponsor utama untuk turnamen golf terbesar di Indonesia. Kami telah mensponsori turnamen ini selama beberapa tahun terakhir, dan berdasarkan pengalaman kami mendapatkan banyak manfaat dengan menjadi sponsor. Kami berharap dukungan kami akan mendorong pengembangan industri olahraga Indonesia secara umum, terutama bagi para pemain golf Indonesia. " kata Suprajarto, Direktur Utama Bank BRI .

Selain Bank BRI, sponsor lainnya adalah Batik Air, Pertamina, Telkom Indonesia, WIKA, PP, BRI Life, BRI Agro dan BRINS. 

Walaupun Indonesia Open merupakan turnamen profesional, namun akan ada sepuluh atlet amatir yang mendapat kesempatan untuk ikut berkompetisi. Menurut Anthony Chandra selaku Sekjen PB PGI, dua tiket akan diberikan kepada Naraajie Emerald Ramadhan Putra dan Almay Rayhan Yagutah. Sisanya akan diperebutkan melalui turnamen kualifikasi. 

Diharapkan akan semakin banyak penonton yang hadir. Panitia penyelenggara juga mengundang sekolah-sekolah yang ada di sekitar lapangan, sehingga generasi muda diharapkan mendapatkan pengalaman berharga menyaksikan langsung aksi para pegolf internasional. 

Indonesia Open merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh PB PGI sepanjang tahun 2019. Dua pekan lalu, pada 30-31 Juli, PGI melaksanakan turnamen Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan di Padi Valley Golf, Gowa, Sulawesi Selatan. 

“Para peserta dari semua provinsi yang ikut sangat antusias berkompetisi. Surprise-nya, posisi empat besar di kelompok putra justru diraih oleh atlet-atlet dari luar pulau Jawa. Saya sangat gembira karena artinya dengan demikian ada harapan bagi golf Indonesia untuk lebih berkembang,” kata Murdaya. 

Peringkat pertama ditempati oleh Mochtar (Kalimantan Timur), diikuti Joyo Paturusi (Kalimantan Utara, Ismail (Sulawesi Selatan), dan Hermanto (Lampung). Dua atlet DKI Jakarta, Almay Rayhan Yagutah dan Gabriel Hansel Hari menyusul di peringkat keempat dan kelima. 

PON akan diselenggarakan di Papua tahun 2020, khusus cabor Golf akan diselenggarakan di Lapangan golf Klub Golf Rimba Irian, kota Kuala Kencana, Kab. Mimika. ***