HONGKONG - Tim Indonesia mengakhiri langkahnya di Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 sebagai semifinalis. Ini terjadi setelah Indonesia kalah 0-3 dari Jepang di babak empat besar. Meski kalah, Indonesia sudah berhasil mencapai target awal yang dipatok.

“Saya melihat penampilan para atlet hari ini sebenarnya bisa lebih baik dari itu. Untuk Vito (Shesar Hiren Rhustavito) sudah sesuai harapan. Dia sudah maksimal. Tapi untuk yang lain, saya sebenarnya berharap masih lebih dari itu. Ada beberapa yang kurang keluar mainnya. Lalu juga ada yang strateginya agak salah. Tapi secara keseluruhan bisa dibilang ini kan pemain pelapis, jadi ini bisa untuk pembelajaran buat mereka kedepannya,” kata Susy.

“Sesuai dengan prediksi kami, bahwa targetnya semifinal. Bukannya nggak mau juara tapi kan lihat dari kekuatan, kami realistis. Dari tim kami tidak membawa pemain inti, begitu juga dari negara lain. Secara target dan keseluruhan semua berjalan lancar,” lanjut Susy lagi.

Indonesia tak berhasil mencuri satu poin pun dari Jepang. Tiga wakil pertama yang turun terpaksa mengakui keunggulan Jepang.

Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra kalah dua game langsung dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 11-21, 18-21.

Sementara Ruselli Hartawan tak mampu mengantisipasi permainan atlet senior asal Jepang, Sayaka Takahashi. Ruselli juga kalah dua game langsung, 15-21, 15-21.

Di partai ketiga Shesar Hiren Rhustavito sempat membuka peluang dengan memenangkan game pertama. Sayang akhirnya Shesar juga harus menyerahkan poin penentu kepada Kanta Tsuneyama. Skor 21-15, 17-21, 16-21 Shesar, mengakhiri perjalanan Indonesia di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong. (*)