SPORTOURISM - Sahabat Sporto pernah mendengar plank? Yaitu semacam olahraga latuhan isometrik, yang melibatkan dan mempertahankan tubuh. Posisisnya hampir mirip dengan push-up, mengandalkan kekuatan lengan, siku dan kaki.

Olahraga satu ini memiliki beberapa variasi, seperti side plank dan reverse plank. Latihan tersebut biasanya dilakukan pada pilates serta yoga. Bahkan, saat akan latihan tinju pun menggnakan plank sebagai pemanasannya. Setiap gerakannya sangat sederhana.

Plank

Meski gerakanannya sangat sederhana, plank memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Lalu, apa saja manfaatnya?

Membakar Lemak dengan Cepat

Latihan plan secara rutin, dapat membakar lemak secara cepat. Perut Sahabat Sporto yang sebelumnya agak buncit, akan rata seperti semula. Selain itu, bisa memperlancar sistem metabolisme pada tubuh.

Menguatkan Otot Punggung

Jika Sahabat Sporto sering terlalu lama duduk, sehingga mengakibatkan punggung menjadi tidak nyaman dan sakit. Dengan rutin latihan plank, akan memperbaiki kondisi otot punggung lebih kuat. Selain itu, memperbaiki postur tubuh seperti semula.

Redakan Stress

Hampir sama dengan olahraga lainnya, latihan plank juga dapat memperbaiki tingkat mood seseorang, sekaligus meredakan stress. Hal ini dikarenakan dapat mengendurkan otot tubuh yang sedang tegang atau kaku, akibat stress.