DEPOK - Bali United U-18 sukses menghentikan rekor kemenangan Persebaya Surabaya U-18. Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam lanjutan kompetisi SuperSoccer Pro Academy, yang berlangsung di Lapangan Latihan Tim Nasional PSSI, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (19/6/2019).

Sebelumnya, Persebaya selalu menyelesaikan laga dengan kemenangan, membungkam Persipura Jayapura 4-1 serta menang tipis 1-0 atas PSM Makassar. Sepak terjang Bali United dalam kompetisi ini juga tidak bisa dianggap remeh, meski dalam dua pertandingan tidak bernasib baik seperti lawannya. Superior kala membekuk Borneo FC 6-1, namun bermain imbang 0-0 melawan Kalteng Putra.

Dalam pertandingan kali ini, Bali United bermain lebih tenang sambil mencari celah membuka pertahanan yang di galang Persebaya. Bajul Ijo Cilik pun dari awal terus menekan dan ingin mendikte permainan lawan, namun gol baru terjadi pada menit ke-29 yang ditorehkan oleh pemain depan mereka, Akbar Firmansyah.

Setelah gol tersebut, tidak ada lagi gol tercipta, hingga paruh pertama harus diakhiri dengan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Persebaya.

Memasuki babak kedua, Bali United lebih menguasai jalannya pertandingan. Mereka bangkit untuk menyerang lawan dari segala lini. Beberapa kali peluang tercipta, tapi belum bisa dikonversikan menjadi gol. Persebaya sendiri seperti nampak kelelahan. Mereka lebih bertahan.

Memanfaatkan kelelahan Persebaya, gol yang dicari Bali United akhirnya datang sesaat sebelum laga usai. Adalah pemain tengah mereka yang bernama Komang Tri Arta Wiguna yang sukses menjaringkan bola ke gawang Persebaya yang dijaga oleh M. Fajar Ali Syahbana, menit ke-82.

Torehan ini, menurut pelatih kepala Bali United, I Made Pasek Wijaya berkat semangat anak-anak asuhnya yang pantang menyerah hingga akhir laga. “Kami juga berhasil memanfaatkan kondisi fisik mereka yang sudah menurun, serta menurut saya, kami cepat dalam melakukan pergantian pemain,” tuturnya. “Kami bersyukur, ini hasil bagus, karena lawan yang dihadapi kami cukup kuat,” sambungnya.

Hasil ini tetap membuat Persebaya berada di puncak klasemen sementara Grup C dengan torehan 7 poin, menang dua kali, seri satu kali. Sementara Bali United berada di posisi kedua dibawah lawannya itu dengan raihan poin 5. Menang satu kali, serta dua kali bermain imbang.

Berikutnya, Bali United akan melawan Persipura Jayapura, hari Jumat (21/6) pukul 13.00 WIB. sementara Persebaya akan menantang Kalteng Putra, pukul 07.30 WIB. ***