BANDUNG - Aqil Savik, penjaga gawang muda Persib Bandung tengah menanam pengalaman musim ini bersama timnya. Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019 ini ia memulai debut profesionalnya melawan Bali United FC pada pekan ke-10 (26/7). Kala itu, ia bermain sebagai pemain pengganti untuk posisi I Made Wirawan yang cedera.

Laga perdananya tidak berlangsung manis, Persib menelan kekalahan 0-2. Laga selanjutnya kontra Arema FC (30/7) juga Aqil dipercaya sebagai 11 pemain utama. Kembali pil pahit harus diterimanya karena kebobolan 5 gol.

Serangkaian pengalaman itu, justru akan membuat Aqil semakin kuat. Ia mengambil sisi positif dari itu, kondisi dimana tidak ia dapatkan musim lalu (2018) di Persib karena lebih sibuk bersama Tim Nasional Indonesia U-19.

"Kemarin menjalani debut, tahun sekarang setelah setahun kemarin enggak pernah main, tahun kemarin disibukkan sama Tim Nasional juga pasti itu menjadi pengalaman tambah percaya diri, jadi tahu bagaimana bermain di Liga 1," kata Aqil.

Penjaga gawang bernomor punggung 30 ini percaya mentalnya semakin terbentuk. Apalagi dua pertandingan yang ia jalani musim ini bukan pertandingan biasa saja, melawan calon juara Bali United, dan menghadapi Arema FC di bawah tekanan suporter lawan yang luar biasa di Kanjuruhan.

"Yang pasti buat percaya diri dan mental naik, apalagi selama dua pertandingan penonton penuh terus, lawan Bali lawan Arema. Belajar mengontrol diri juga supaya tidak terlalu nervous," paparnya.