SPORTOURISM - Petugas pemungut tiket Loji Suaka Elang, Anda Joni menjelaskan sekilas mengenai wisata hutan pinus yang lagi ngehits di Kabupaten Bogor itu. Di sana, pengunjung akan disuguhkan barisan hutan pinus yang menawan, air terjun yang menyejukkan dan jembatan gantung yang memanjakan.

Loji Suaka Elang merupakan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Resort 1 pusat penyelamatan satwa elang jawa. Namun, kini beberapa hektare hutan pinus di tempat tersebut dijadikan destinasi wisata alam.

Suaka Elang berada di Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Untuk sampai ke sana, Sahabat Sporto bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Setelah berjalan selama kurang lebih 15 menit dari parkiran, Sahabat Sporto akan disuguhkan punggungan bukit dipenuhi barisan pinus yang padat dan menjulang tinggi. Latar yang mengugah untuk mengambil banyak gambar instagramable.

Selain mengambil banyak gambar, pengunjung juga bisa bersantai dengan menggunakan hammock yang digantungkan diantara dua pohon pinus. Namun, di sini hammock yang boleh disusun vertikal tidak lebih dari tiga.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, bisa melakukan kemping ceria di area-area yang telah disediakan. Kemudian di pagi harinya, Sahabat Sporto bisa melakukan trekking ke Air Terjun Cibadak.

Bagi pengunjung harian, cukup membayar tiket masuk Rp 7000,00 pada hari biasa dan Rp 9500,00 untuk akhir pekan. Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi.

Sedangkan bagi yang ingin berkemah atau bermalam, harga tiketnya Rp 20 ribu per orang. Bagi Sahabat Sporto yang tidak atau belum memiliki hammock, bisa menyewa di sana.

"Alih fungsi kawasan sejak 2003. Akhir 2015 diolah secara mandiri oleh UPT tanpa melibatkan pihak lain. Wisata alam hutan pinus ini booming sejak dua tahun terakhir. Tepatnya sejak awal 2016," kata Joni yang juga merupakan penjaga keamanan di kawasan konservasi kepada Sportourism.

Pada akhir pekan, pengunjung yang datang mencapai 200 hingga 300 orang. Selain air terjun dan hutan pinus, ikon yang juga menarik perhatian yaitu jembatan gantung berwarna hijau yang seolah menyatu dengan alam. [***]