SPORTOURISM - Wiasata alam di Sukabumi, memang tidak pernah bosan untuk terus dieksplor. Banyak tujuan destinasi yang dapat Sahabat Sporto jelajahi, mulai dari pantai, pegunungan, danau, agrowisata, hingga beberapa air terjun cantik nan menarik.

Air terjun di Sukabumi, saat ini sedang populer adalah Curug Cikaso, yang termasuk dalam kawasan Ciletuh Geopark. Ada juga Curug Sawer, lokasinya berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Ke dua air terjun tersebut, namanya sudah tidak asing lagi. Selain itu, terdapat juga tiga curug yang tak kalah menarik dan masih jarang terekspos wisatawan.

Curug Sodong

Curug Sodong, merupakan destinasi wisata alam yang masih sangat alami. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan Ciletuh Geopark Sukabumi. Tepatnya di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Sodong juga memiliki nama lain, yaitu Curug Kembar dan Curug Panganten. Sebab, air terjun ini seperti saudara kembar atau sepasang pengantin.

Air terjun tersebut, memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Pemandangan di sini sungguh memesona, air terjunnnya pun sangat jernih. Sahabat Sporto bisa merasakan nuansa yang masih sangat alami.

Curug Sentral Jaya Negara

Tak kalah menarik dari Curug Sodong, Curug Sentral Jaya Negara juga layak dikunjungi saat berkunjung ke Sukabumi. Lokasinya berada di Desa Jayanegara, Kabandungan, Sukabumi atau tepatnya dekat dengan kawasan Gunung Salak.

Dinamakan Curug Sentral karena semua aliran sungai di kawasan tersebut bersatu dalam satu aliran. Pemandangan di air terjun satu masih sangat alami.

Kepenatan Sahabat Sporto seketika akan hilang, karena melihat panoraman dan nuansa serba hijau nan menyejukan. Akses jalan menuju Curug Sentral memang masih terbilang sulit. Masih jarang kendaraan umum yang menuju ke lokasi, kecuali menggunakan ojeg setempat.

Curug Citaman

Sebagian Sahabat Sporto mungkin masih belum pernah mendengar nama Curug Citaman. Lokasinya terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Air terjun ini sedikit berbeda dengan yang lainnya, karena memiliki kolam di atasnya. Sehingga, Sahabat Sporto bisa berendam dan bersantai sambil menikmati alam sekitar di bawah curug. Airnya masih sangat jernih, dijamin Sahabat Sporto tidak akan menyesal datang ke sini.

Spot di sekitar curug ini sangat menarik. Cocok bagi Sahabat Sporto pecinta fotografi. Aksesnya pun masih cukup sulit dijangkau, butuh perjuangan untuk mencapai ke Curug Citaman. Namun, sesampainya di lokasi, rasa lelah Sahabat Sporto akan terbayarkan. [Novie Fauziah]