SPORTOURISM.ID, TANGSEL-Berbagai cara dilakukan pemerintah di daerah untuk memperkenalkan wilayahnya ke khalayak serta mendatangkan wisatawan berkunjung. Salah satunya dengan membuka atau membuat lokasi wisata baru yang unik dan ramah lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh Pemda Tangerang Selatan yang meresmikan salah satu tandon air hujan yang berfungsi tidak saja sebagai sumber resapan air, tapi juga tempat rekreasi keluarga. Bagi para traveller yang penasaran dengan lokasi wisata yang mengusung nama beken Tandon Ciater bisa datang ke Jalan Kencana Loka Kelurahan Ciater, Kecamatan Ciater, Serpong Tangerang Selatan.

Di lahan seluas 7 hektare itu tersedia berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi. Alhasil masyarakat Tangerang Selatan tak perlu khawatir lagi dengan minimnya lapangan terbuka hijau atau lokasi rekreasi alam terbuka.

Bagi anda yang senang berkemah, disekitar lokasi difasilitasi tempat berkemah. Selain itu ada rumah adat betawi yang disebut Blandongan. Rumah adat cukup besar dan dapat dimanfaatkan untuk sarana edukasi dan berteduh. Sambil menikmati alam, pengunjung juga bisa memanfaatkan sumber penampungan air hujan untuk memancing.

Sebagai salah satu wahana alam terbuka, Tandon Ciater tak berbeda fungsi dengan danau buatan lainnya. sarana prasana keluarga pun dibangun agar tak membosankan. Bagi anda yang senang berolah raga, di sekitar area juga dibangun trek Jogging dan sarana olah raga lainnya.

Berkonsep lokasi rekreasi keluarga, tandon ciater juga di fasilitasi dengan arena bermain anak. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir membawa serta anak untuk berekreasi.

Rencana Pemda Tangsel yang akan membuka lahan hijau terbuka pun berjalan mulus, seiring diresmikannya tandon ciater sebagai salah satu area berkumpul bagi masyarakat.

Pemda Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak masyarakat setempat untuk turut membantu mengembangkan lokasi Wisata Tandon Ciater di Serpong. Pasalnya, Tandon Ciater ini merupakan salah satu dari 10 pengembangan destinasi wisata unggulan di Provinsi Banten.

“Kami mengajak masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengembangkan Tandon Ciater dalam mempersiapkan 10 destinasi unggulan di Provinsi Banten,” ungkap Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Agus Budi Darmawan.

Potensi ini, menurut Agus, berusaha dikemas untuk dapat lebih menarik minat pengunjung. Salah satu caranya, yakni dengan menggelar beragam event kebudayaan, seperti Festival Tandon Ciater yang digelar tahun kemarin. Potensi Tandon Ciater menjadi salah satu tujuan wisata lokal terus dikembangkan lewat penyelenggaraan even-even baik berskala nasional maupun internasional.