SPORTOURISM - Di taman yang tidak terlalu luas ini pengunjung bisa merasakan tur keliling dengan menunggang punggung gajah. Tiga dari empat ekor gajah siap membawa pengunjung berkeliling. Rutenya bisa di dalam taman ataupun hingga ke hutan desa di sekitar taman gajah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu atraksi yang ditawarkan oleh LEP atau Lombok Elephant Park. LEP ini merupakan kebun binatang mini pertama di Pulau Lombok bahkan di kawasan Nusa Tenggara Barat, letak persisnya berada di Desa Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara.

Dengan hadirnya LEP ini, masyarakat Lombok kini tak perlu jauh-jauh lagi liburan ke kebun binatang di luar pulau. Sebab destinasi wisata di Lombok kini makin lengkap dengan hadirnya kebun binatang yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Meski namanya hanya mengandung unsur gajah, namun selain gajah Sumatera, koleksi hewan yang dapat dijumpai di taman ini yaitu beberapa jenis burung di antaranya burung hantu, kaka tua, dan rangkong.  Kemudian ada beruang madu, kuda nil, orangutan, bekantan buaya, landak, kambing gunung dan merak.

Keberadaan taman ini memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal dari dekat hewan-hewan liar yang biasanya hidup di alam bebas. Sehingga selain berfungsi sebagai daerah wisata, taman ini juga ditujukan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Lombok dan NTB pada umumnya.

Setelah puas berkeliling melihat satwa, pengunjung dapat mengisi perut atau sekedar melepas dahaga di restoran yang terdapat di taman. Restoran di taman ini menyediakan penganan dan masakan khas Lombok. Di antaranya cocok bagi vegetarian karena dibuat dari sayur-sayuran saja. Di dalam taman, pengelola juga menyediakan toko suvenir bertema gajah dan satu ruang eksibisi.