SPORTOURISM – Kabupaten Purwakata, Jawa Barat menawarkan banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Taman Cijanun. Kawasan wisata itu di sebut-sebut merupakan paling besar di Purwakarta. Taman Wisata Cijanun juga terdapat mata air yang letaknya di kawasan Gunung Burangrang, Kampung Cijanun dan Lembang Sari Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat.

Taman yang berada di di Kecamatan Bojong ini cocok buat Sahabat Sporto yang hobi berenang tanpa campuran bahan kimia di airnya. Karena di kolam ini sumber airnya berasal dari mata air pegunungan. Mata air di sini sangat jernih dan kedalamannya mencapai 3 meter. Kolam tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan penduduk sekitar. Kolam tersebut berada di area hijau. Pepohonan yang menghiasi sekitarnya.

Bagi Sahabat Sporto yang membawa anak-anak, anda bisa menuju ke kolam nomor dua, atau kolam tingkat dua. Kedalaman kolam ini hanya kurang lebih 50 cm. Cocok untuk anak-anak, hanya saja harus ekstra hati-hati, karena dasar kolam ini di penuhi bebatuan. Dengan hanya membayar tiket masuk Rp. 10.000 saja anda sudah bisa bermain air sepuasnya.

Selain ada mata air yang jernih, di sana juga banyak bebatuan besar yang masih alami dan tempat tersebut layak di sebut stone garden. Dalam menata kawasan wisata tersebut, pemerintah desa di bantu para pemuda, untuk mengelola dengan baik. Penataan yang dilakukan di sana adalah kolam penampungan mata air dan membuka warung-warung di pinggiran kolam yang menyediakan aneka makanan.

Bagi yang suka bersepeda, bisa menjajal trek di sana. Jika hendak berkunjung ke tempat ini ada baiknya Sahabat Sporto datang pada pagi hari atau siang hari, jangan terlalu sore, karena bila arah pulang anda adalah arah kota, jalanan yang akan anda lewati amat sepi dan kurang penerangan jalan. Untuk rutenya anda bisa mulai dari Situ Wanayasa lurus ke arah Bojong hingga melewati Pasar Bojong, Kantor Kecamatan Bojong dan Polsek Bojong.

Beberapa ratus meter dari Polsek Bojong ada Pertigaan di sebelah kanan dengan Tugu di tengahnya dengan Waralaba Indomart di seberangnya. Belok kanan lurus terus sampai menemukan SD Cipeundeuy. Di dekat SD ada pertigaan lalu belok kanan. Di sanalah lokasi wisata mata air alami Cijanun Purwakarta.