SPORTOURISM - sebagai upaya untuk melestarikan serta mempromosi beragam potensi budaya yang ada di Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri kembali mempersembahkan agenda tahunan berupa Pekan Budaya dan Pariwisata 2017. Perhelatan yang berlangsung mulai dari 16 Juli hingga 22 Juli 2017 ini mengambil tema Panji Merajut Keharmonisan Nusantara.

Pelaksanaan pekan budaya ini juga bersamaan dengan pelaksanaan Festival Panji Nasional yang merupakan program bentuk kerja sama antara Pemkab Kediri, Pemprov Jatim, serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bertempat di Kawasan Simpang Lima Gumul (SLG), pekan budaya ini menyuguhkan beragam kegiatan sebagai bentuk perhatian atas kisah budaya untuk mengenang nilai – nilai luhur budaya.

Rangkaian budaya dalam acara ini sudah terasa sejak awal pembukaannya. Mengambil start di Bundaran Monumen SLG dan berakhir di depan Kantor Pemkab Kediri, Acara ini diawali dengan Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias. Beragam mobil dihias sesuai dengan tema kebudayaan, misalnya Sri Tanjung, Joko Kendhil, Ande-ande Lumut, Adipati Panjer, dan lainnya.

Dalam acara ini juga digelar Pameran Pariwisata, Budaya dan UMKM bertemakan Kampung Panji dan Rumah Peradaban. Kemudian ada suguhan Pagelaran Kesenian dan Pentas Kreativitas diikuti peserta pelajar dan umum, Festival Layang – Layang Nasional, serta Seminar Budaya Panji Nasional.

Bagi Sahabat Sporto yang gemar wisata kuliner, di acara ini juga ada Kediri Street Food Festival yang menyajikan beragam kuliner nikmat khas Kediri. Lalu sebagai penutup dalam rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2017, Pihak panitia juga menggelar Perlombaan Kesenian Panji serta penampilan Tari Kolosal 1000 Barong Nusantara digelar pada Sabtu, 22 Juli 2017.