SPORTOURISM - Keeksotisan wisata alam Sumatera sudah tidak diragukan lagi. Di Pulau tersebut, Sahabat Sporto bisa menjelajahi berbagai pariwisatanya. Kini, ada yang baru dari Sumatera Utara, Puncak Hoza namanya.

Puncak Hoza berlokasi di Desa Kampung Yaman, Aek Natas, Sumatera Utara. Destinasi wisata alam yang baru dibuka pada 4 Juni 2017 ini, langsung mendapatkan perhatian masyarakat setempat maupun wisatawan.

Wisata Puncak Hoza Labuhanbatu utara ini diambil dari bahasa Jepang, Hosa artinya nafas. Diberi nama Hoza karena memmiliki filosofi tersendiri. Saat naik ke atas puncak bukit, dibutuhkan nafas yang cukup panjang.

Selain itu, Puncak Hoza juga kerap disebut juga dengan beberapa nama, seperti Puncak Pamingke, Bukit Gundul, Puncak Padang Lompong, Bukit Kampung Yaman, hingga Bukit Telkom.

Pemandangannya sangat memesona. Sahabat Sporto bisa menikmati pepohonan hijau di sekitar perbukitan, udaranya pun sangat sejuk.

Menariknya, pengunjung juga bisa mencoba sensasi berada di rumah pohon, yang menjadi salah satu tempat favorit di Puncak Hoza. View di sini sangat indah, cocok dijadikan lokasi selfie.

Sahabat Sporto bisa menjadikan Puncak Hoza sebagai destinasi wisata selanjutnya. Biaya masuknya pun cukup murah, di hari libur pengunjung dikenakan Rp 10 ribu per orangnya.

Oh ya, tapi sayangnya untuk sementara waktu, Puncak Hoza ditutup. Sebab, ada pemungutan liar yang membuat wisatawan sedikit tidak nyaman. "Sebenarnya inilah yang menjadi masalah mendasar bagi kami," kata salah satu pengelola Puncak Hoza, Rory. [Novie Fauziah]