SPORTOURISM – Pantai cantik yang berada di Aceh ini kerap disebut sebagai surga tersembunyi. Sebutan itu bukanlah kiasan, namun sebuah kenyataan. Sebab lokasi pantai ini memang tersembunyi di balik sebuah bukit berbatu serta diapit oleh dua tebing besar yang tidak terlalu tinggi.

Namanya adalah Pantai Jantang atau Pantai Teluk Jantang, yang terletak di Desa Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kabupaten Aceh Besar. Pantai Jantang merupakan sebuah pantai kecil yang eksotis. Garis pantainya melengkung, air lautnya jernih kebiruan serta lembutnya pasir putih yang terhampar luas menjadi daya tarik dari pantai ini.

Pesona pantai ini semakin terpancar dengan tumbuhnya gerombolan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Hijaunya pepohonan yang berada di sekitar pantai juga menambah elok pemandangan serta sangat memanjakan mata yang memandang.

Suasana di pantai ini sangat sunyi dan tenang, sehingga cocok sebagai tempat pelarian dari rutinitas yang menjemukan. Indahnya panorama laut biru, bisikan angin laut yang merdu serta desiran ombak yang bersautan seolah menjadi obat pelipur lara yang mujarab.

Namun sayangnya, Sahabat Sporto tidak bisa leluasa berenang atau senorkelling di tempat ini, karena banyak sekali bebatuan besar yang berada di sekitar pantai. Oleh sebab itu pantai ini memang cocok untuk sekedar santai menikmati panorama alam yang memesona atau swafoto.

Meski begitu, cara lain untuk menikmati keindahan pantai ini yaitu dengan memancing atau mendaki bukit yang menutupi pantai. Sahabat Sporto tak perlu susah payah untuk sampai ke puncak bukit, sebab medan pendakian terbilang sangat mudah untuk dilalui.

Hanya butuh sekitar 5 menit untuk sampai di puncaknya, setelah itu, Sahabat Sporto dapat menyaksikan pemandangan teluk Pantai Jantang yang kecil, mungil tapi tetap menawan. Di sebelah bukit berbatu yang berada di sebelah kanan, juga ada pantai berpasir putih yang menawan.