SPORTOURISM.ID, BOGOR-Bagi para traveller yang sudah ga sabar atau belum ada rencana kemana-mana weekend nanti, boleh mencoba dan datang berkunjung ke Curug Cikuluwung. Berikut rutenya jika ingin berwisata kesana.

Curug Cikuluwung terletak di Bogor Barat tepatnya di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Bagi sahabat yang berangkat dari wilayah Bogor Kota, atau dari Jakarta perjalanan bisa ditempuh menuju Dramaga–Ciampea-Cikampak–Cibatok–dilanjut menuju pertigaan Cemplang.

Kemudian masuk ke pertigaan Cemplang (belok kiri) lurus terus sekitar 45 menit untuk kemudian masuk ke belokan yang cukup curam di sebelah kanan (biasa disebut Gang Gardu), kita akan menemukan gang tersebut setelah melewati Sungai Cikuluwung.

Selanjutnya kita akan memasuki jalan berbatu sekitar 10 menit sebelum bertemu papan petunjuk Curug Cikuluwung.

Dari papan petunjuk tersebut, terlebih dahulu kita akan memasuki area kampung menuju tempat parkir yang disediakan di depan rumah warga.

Dari parkiran, perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki melewati kebun warga selama 5 menit hingga sampai di loket masuk Curug Cikuluwung.

Curug Cikuluwung memang tersembunyi tempatnya, dan memang betul-betul butuh perjuangan untuk mencapainya. Lokasi curug memang istimewa karena berada di tengah lembah berbatu alam yang cukup eksentrik.

Curug ini memiliki kolam kecil yang airnya mengalir menuju sungai mungil yang tidak jauh keberadaannya dan cocok sekali bagi para traveller yang suka berendam.

Tak hanya itu ada keindahan yang tidak dimiliki oleh curug lainnya, dimana dikelilingi tebing-tebing bebatuan alam yang indah, sehingga memberi nuansa yang berbeda ketika berkunjung kesana.