SPORTOURISM - Pasar Kaki Langit di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pasar kuliner yang rencananya akan dibuka hanya tiap Sabtu dan Minggu ini, menyajikan beragam kuliner tradisional, mulai dari Gudeg Mangar, Tahu Guling, Tiwul, Bubur Ndeso, hingga beragam menu angkringan.

Tempat yang digagas oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jogja ini diharapkan dapat memperpanjang waktu kunjung wisatawan, menghadirkan alternatif pendukung destinasi, dan memecah konsentrasi kunjungan wisatawan.

Menurut Nunung Elisabet, Koordinator Genpi Jogja, pasar semi permanen ini sengaja dibangun untuk mengakomodasi seluruh potensi Desa Wisata Mangunan yang terbagi dalam beberapa spot, yaitu kuliner langit, karya langit yang menjual beragam kerajinan masyarakat lokal.

“Selain berdagang kami juga memanfaatkan pasar sebagai ruang edukasi, tentang nilai tradisi dan budaya melalui aktivitas dolanan anak, hingga workshop membuat beragam kerajinan tangan,” ujar Nunung, seperti yang diberitakan oleh liputan6.com.

Lurah Pasar Kaki Langit, Purwo Harsono menuturkan pasar ini diharapkan mampu memberi ragam pada destinasi wisata di kawasan Mangunan. Jika selama ini wisatawan yang datang hanya menikmati pemandangan dan berfoto, maka dengan hadirnya pasar ini wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas masyarakat Mangunan, Kecamatan Dlingo.