SPORTOURISM - Pulau Dewata memang di dominasi dengan wisata pantai yang tersebar luas di setiap ujung wilayahnya. Begitu pula yang akan Sahabat Sporto jumpai di Nusa Penida yang banyak memiliki surga tersembunyi, salah satunya adalah Pantai Kelingking. 

Hal yang membuat pantai ini menarik dan membuat penasaran wisatawan adalah panorama indah yang tersaji di sana. Pantai Kelingking begitu unik dengan adanya lekukan tebing karang yang menyerupai leher Brontosaurus yang menjorok ke pantai. Tebing besar itu bersanding indah dengan karang kecil membentuk pemandangan yang memukau.

Tebing Paluang atau Karang Dawa, begitulah masyarakat lokal menamainya. Bahkan, mereka tak perlu familiar dengan nama Pantai Kelingking, karena di sana terkenal dengan sebutan Pantai Karang Dawa.

Pesona tebing yang unik ini berpadu elok dengan birunya lautan lepas, membingkai potret alam yang sangat eksotis. Tebing karang yang tertutupi tumbuhan yang menghijau juga menjadikan pandangan yang menyegarkan. Jika di lihat dari tebing, sekilas pemandangan tebing ini mirip dengan yang ada di Raja Ampat.

Untuk sampai ke lokosi, Sahabat Sporto harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pelabuhan Nusa Penida yang berjarak sekitar 25 km dan dikelilingi oleh pepohonan kelapa dan perbukitan hijau.