SPORTOURISM – Di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang masih jarang dijamah oleh wisatawan. Destinasi wisata tersebut berupa danau yang bernama Pasiu Pok. Dalam bahasa setempat, Paisu Pok berarti air hitam, padahal air di danau ini begitu jernih.

Penduduk lokal menamai danau ini “air hitam” sebab warna air yang ada di sekitar danau hampir berwarna hitam. Padahal warna hitam tersebut disebabkan karena pantulan dari rumput yang tumbuh pada area dasar jadi air yang berwarna biru tampak lebih gelap. Namun sejatinya air di danau ini memiliki Gradasi warna toska dan hijau tua.

Sahabat Sporto akan sangat terkagum dengan keindahan yang ditawarkan oleh danau yang terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara ini. Air yang begitu jernih membuat seluruh dasar danau bisa terlihat jelas dengan mata telanjang. Danau ini pun seolah menggoda untuk mengajak segera berenang dan menikmati dinginnya air danau yang menyegarkan tubuh.

Selain berenang, aktivitas seru yang dapat Sahabat Sporto lakukan di danau ini seperti terjun dari tebing, bersantai di ban pelampung, ataupun sekedar swafoto. Saat berenang di danau ini, Sahabat Sporto akan merasakan sensasi dua rasa air yang berbeda yaitu tawar dan asin. Adanya air asin di danau ini dikarenakan dahulu danau ini letaknya dekat dengan laut. Namun setelah sekian lama, perlahan dua rasa bertemu di Danau Paisu Pok.

Letaknya yang berada di dalam hutan, suasana di danau ini pun begitu asri dan tenang. Udaranya sejuk dan sangat menyegarkan dengan banyaknya pohon rindang di sekitarnya. Sahabat Sporto yang sedang galau atau ingin merasakan kedamaian dan melepaskan beban pikiran sejenak, mengunjungi danau ini merupakan pilihan yang tepat.