SPORTOURISM – Kabupaten Subang mempunyai beragam wisata yang cukup menarik, terutama wisata curug. Salah satunya adalah Curug Sadim yang terletak di Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya, objek wisata tersembunyi ini berada di perut wilayah Perkebunan Teh Nusantara VIII Ciater.

Curug Sadim berasal dari aliran sungai yang sama dengan Curug Mandala, sehingga curug ini sangat dekat dengan salah satu curug yang ada di Subang tersebut. Keindahan curug ini semakin terlihat dengan adanya taman kecil yang membuat pemandangan curug menjadi lebih asri.

Curug ini sangat unik dan menarik. Pertama, curug ini terletak cukup tersembunyi di antara hamparan tanaman kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII, jadi saat Sahabat Sporto berjalan menuju curug ini maka mata anda akan dimanjakan oleh keindahan dari hijaunya kebun teh.

Kedua, curug ini airnya sangat jernih dan tebing dari penyangga curug ini memiliki bentuk batu yang unik seperti tumpukan batu yang di susun dari bawah ke atas. Tebing di sekitar Curug Sadim ini juga unik dan banyak spot yang menarik untuk dijadikan lokasi photoshoot.

Udara dikawasan Curug Sadim cukup sejuk. Terutama pada pagi hari, kesegaran udara dikawasan ini tiga kali lipat lebih sejuk dari siang hari. Namun, siang hari pun tetap terasa sejuk, karena kawasan wisata Curug Sadim ini masih dikelilingi oleh vegetasi yang cukup rimbun.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Sadim, Sahabat Sporto hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah untuk 2 orang. Fasilitas yang ada di Curug Sadim terbilang cukup lengkap. Di wisata ini telah disediakan warung, mushola, gazebo serta toilet.

Untuk bisa mencapai kawasan wisata Curug Sadim, Sahabat Sporto bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Kira-kira waktu tempuh 15 menit dari Segalaherang atau 30 menit dari Subang kota. Aksesnya juga tidak telalu sulit dan cukup mudah untuk ditemukan.