SPORTOURISM – Siapa sangka jika ternyata Lampung selatan memiliki pantai-pantai indah yang menjanjikan seribu pesona keindahan laut. Salah satunya adalah Teluk Nipah, yang terdapat di Desa Bulok, Sidomulyo, Lampung Selatan. Destinasi wisata yang masih tersembunyi ini berada di areal PT. Perusahaan Nusantara (PTPN VII).

Teluk Nipah menyimpan beragam potensi wisata yang sangat menarik untuk ditelusuri. Oleh sebab itu, baru-baru ini tiga BUMN yaitu PTPN VII, PT Patra Jasa dan PTPP telah melakukan penandatanganan MoU untuk menjadikan Teluk Nipah sebagai kawasan wisata unggulan di Lampung.

Sahabat Sporto yang gemar bertualang sekaligus suka dengan wisata bahari, maka Teluk Nipah bisa memuaskan semua hal tersebut. Pasalnya posisi Teluk Nipah i cukup tersembunyi dan dibutuhkan ekstra tenaga untuk mencapainya. Sahabat Sporto akan bertualang menyusuri kebun karet dengan sajian pantai yang cukup panjang sekitar satu kilometer.

Sesampainya di lokasi, Sahabat Sporto akan disuguhi pesona alam yang masih asri, suara deburan ombak, tebing-tebing tinggi yang menawan serta pepohonan rindang yang menambah indah suasana. Bila ditelusuri lebih jauh kawasan ini pun memiliki spot-spot cantik untuk diabadikan menggunakan kamera.

Teluk Nipah memiliki tiga pantai utama, yaitu Pantai Sudul sepanjang 400 meter, Pantai Teluk Nipah 650 meter, dan Pantai Marina 750 meter. Ciri khasnya adalah pantai pasir dengan batuan yang menjorok ke laut.

Menariknya, topografi teluk nipah dibagi menjadi dua, bagian pertama yaitu pantai berpasir yang cukup panjang berbatasan dengan Pantai Marina. Sedangkan pada bagian kedua pantai dihiasi dengan bebatuan serta tebing setinggi hingga mencapai 20 meter dengan kemiringan hingga kurang lebih 45 derajat.

Di sekitar pantai berbatu ini sering dimanfaatkan nelayan untuk memancing, oleh sebab itu jika Sahabat Sporto gemar memancing, maka Teluk Nipah ini bisa menjadi destinasi memancing yang menyenangkan. Setelah puas mengeksplorasi, Sahabat Sporto dapat duduk santai di pondokan yang telah tersedia di sekitar pantai.