SPORTOURISM - Situs Mangunjaya terletak di Dusun Pasir Laja, Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Mitos yang beredar di masyarakat, siapapun yang berdoa dan mengeluarkan hartanya di situs tersebut maka permintaannya akan terkabul.

Mangunjaya berada di atas dataran yang lebih tinggi dari permukaan di sekitarnya, sehingga ini seperti berada di atas bukit kecil. Pada sisi utara, situs ini berbatasan dengan Jalan Mangunjaya, pada sisi selatan berbatasan dengan jalan kampung, sisi barat berbatasan dengan reruntuhan bekas kantor kemantren (kecamatan) dan semak belukar, sisi timur berbatasan dengan jalan kampung dan masjid.

Temuan di Situs Mangunjaya berupa fragmen yoni dan dua buah umpak berbentuk bulat. Yoni terbelah di bagian tengah menjadi dua bagian. Berdasarkan info yang dihimpun dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, pada saat tim BPCB Banten melakukan pendokumentasian, yoni berada dalam posisi terbalik, dan posisi umpak tepat berada di barat yoni.

Ketiga temuan arkeologis tersebut terbuat dari batuan sedimen. Yoni berukuran panjang 64 centimeter (cm), lebar 50 cm, tinggi 50 cm. Adapun umpak 1 mempunyai diameter 56 cm, tebal 36 cm, sedangkan umpak 2 berdiameter 52 cm dengan ketebalan 30 cm.

Bagi mahasiswa ataupun peneliti sejarah, destinasi ini sangat potensial untuk dijadikan subjek penelitian sejarah. Khususnya tentang peradaban apa yang pernah berlangsung di Pangandaran. [AR]