SPORTOURISM – Salah satu objek wisata paling menarik yang tak bisa Sahabat Sporto lewatkan di Jawa Barat adalah Kampung Naga yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nama Kampung Naga sebenarnya tidak ada hubungan dengan mitos naga, akan tetapi, itu hanya nama sebutan saja. Kampung Naga ini masih menjaga kearifan lokal dan budayanya. Kampung Naga merupakan perkampungan tradisional dengan luas areal kurang lebih 4 hektar.

Ketika Sahabat Sporto sampai di wisata Kampung Naga, anda akan disajikan dengan pemandangan pepohonan besar yang berada di samping kanan dan kiri jalan. Pemandangan ini akan sangat indah terlihat sekali jika anda mulai melangkah ke tempat yang lebih tinggi dan tentunya udara segar akan menyambut anda dengan senang hati.

Karena lokasi Kampung Naga yang terletak agak pedalaman dan tidak dapat di akses dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Sahabat Sporto perlu melakukan perjalanan kaki menelusuri ribuan anak tangga yang tentunya akan membuat anda sangat lelah. Namun, selama melakukan perjalanan tersebut, anda juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang terbilang cukup menawan, apalagi ketika musim hujan berlangsung di mana anda akan melihat hijaunya Kampung Naga.

Kampung Naga merupakan sebuah desa tradisional yang masih memegang teguh adat istiadat dan mempertahankan kebudayaan yang berasal dari leluhurnya, baik bentuk bangunan, gaya hidup dan lain sebagainya.

Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah Barat Kampung Naga di batasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga. Di sebelah selatan Kampung Naga di batasi oleh sawah-sawah penduduk, dan di sebelah utara dan timur di batasi oleh sungai Ciwulan yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut.