SPORTOURISM – Danau berwarna biru ini terbentuk dari bekas galian tambang. Konon danau yang mulai terkenal di kalangan masyarakat Suwahlunto ini merupakan danau yang tidak sengaja terbentuk, bahkan masyarakat Sawahlunto tidak tahu dari mana asal air kebiruan yang mengisi cekungan.

Danau tersebut bernama Danau Tomosu atau lebih dikenal Danau Biru Sawahlunto yang terletak di Kawasan Parambahan, Talawi, Sumatera Barat. Danau ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan luar kota yang ingin menyaksikan secara langsung pesona danau biru yang indah tersebut.

Sawahlunto dikenal dengan salah satu daerah di Sumatera Barat yang merupakan penghasil batu bara terbesar di Pulau Sumatera. Danau yang terletak di Daerah Parambahan, Kota Sawahlunto, tepatnya berada dalam lingkungan proyek tambang batubara dan kabarnya, danau ini terbentuk dari bekas areal galian tambang batubara.

Danau ini merupakan suatu cekungan bekas galian tambang batubara yang lama kelamaan menjadi danau kecil yang indah. Danau Biru Sawahlunto menyajikan pemandangan yang unik, danau yang biru dengan perpaduan pepohonan hijau di tebing-tebing batu membuat tempat ini bagaikan oasis di tengah gurun.

Fenomena yang cukup unik karena hampir semua danau bekas tambang airnya selalu berwarna biru atau hijau yang indah dan terang. Selain menikmati indahnya panorama alam di kawasan danau buatan ini, umumnya para pengujung yang datang juga mencari spot-spot swafoto yang tepat agar terlihat lebih menarik saat di bagikan ke berbagai sosial media.