SPORTOURISM - Klungkung, merupakan bagian wilayah cukup kecil dibandingkan, Kabupaten lainnya di Bali. Tapi, daerah ini ternyata memiliki lokasi-lokasi menarik yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satunya Dam Tukad Unda.

Dam Tukad Unda berlokasi di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Mulanya, tempat ini dianggap biasa-biasa saja karena hanya sebuah bendungan air.  Hanya dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar desa.

Melihat potensi wisata yang dapat menarik para turis di Bali, warga sekitar merubahnya menjadi tempat wisata dan melengkapi dengan berbagai fasilitas. Kemudian, wisatawan sering menyebutnya Wisata Kali Unda.

Menariknya, bendungan air ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding. Selain itu, kepopularan tempat tersebut juga sangat instagramable. Derasnya air yang mengalir di bendungan dengan lebar 50 meter ini, jadi spot menarik bagi wisatawan.

Sahabat Sporto tidak hanya bisa berfoto saja. Air di sini sangat jernih dan bersih, bisa dijadikan tempat bermain air hingga mandi dan berendam di sini. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 10 ribu saja per orangnya.

Namun sayangnya, sejak Gunung Agung Meletus beberapa waktu lalu (November 2017), bendungan satu ini mendadak menjadi keruh karena lahar dingin yang ikut mengalir satu jalur dengan air di sini.