SPORTOURISM – Curug Cirajeg secara administratif terletak di Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berada di tengah areal persawahan membuat air terjun yang mempunyai dinding batu berwarna hitam dan lebar, derasnya air yang jatuh terlihat sepert tirai putih yang lebar kontras dengan panorama kehijauan disekitarnya.

Curug Cirajeg ini dikategorikan sebagai air terjun yang semi permanen, karena debit airnya tergantung dari musim, waktu terbaik adalah saat musim hujan karena debit air sedang besar-besarnya, jika pada musim kemarau air terjun ini terlihat mengecil. Air dari Curug Cirajeg sedikit keruh sebagai tanda adanya trasnportasi sedimen yang kebanyakan berupa tanah dari area sawah di sekitar Curug Cirajeg. Curug ini tak memiliki kolam di bawahnya, namun Anda dapat menikmatinya dari sisi curug.

Curug Cirajeg meiliki dua turunan aliran airnya. Yang pertama termasuk dalam kategori jeram karena memiliki ketinggian yang masih kurang dari persyaratan air terjun. Sedangkan yang kedua, bisa dikatakan sudah menjadi air terjun hanya saja belum ada ases untuk menuju ketingkatan tersebut. Curug Cirajeg juga menjadi salah satu wisata pilihan yang masih asri dan keindahan alamnya yang masih terjaga. Apalagi Curug Cirajeg ini berada di tengah sawah hijau tentu menambah cantik pesona air terjun unik ini.

Lokasinya yang tersembunyi memang tak terlalu mudah untuk dijangkau. Jika ingin ke Curug Cirajeg, Anda harus terlebih dulu menempuh perjalanan selama 1 hingga 2 jam dari pusat Kota Sukabumi menuju Purbalaya via Baros dilanjutkan menuju Desa Nelagasari, sampai akhirnya Anda tiba di Dusun Cirajeg yang ditandai adanya lapangan sepakbola. Kendaraan roda empat akan sulit untuk mencapai lokasi dan harus diparkir di lapangan sepakbola, sedangkan motor bisa parkir lebih dekat dengan curug.

Penyusuran akan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit menuju curug. Karena Curug Cirajegberada di tengah sawah, Anda harus melewati jalan setapak atau pematang sawah yang cukup sempit. Bahkan Anda juga harus melewati aliran irigasi dengan jembatan dari satu batang bambu kecil seadanya.