SPORTOURISM – Curug Bugbrug menjadi salah satu tempat wisata yang layak Sahabat Sporto kunjungi karena eksotismenya, keindahan air terjun, dan kesejukan udara khas Kota Bandungnya. Objek wisata ini berlokasi tepatnya berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya kata Bugbrug dalam bahasa sunda adalah berarti bertumpuk atau tumpah tindih. Air terjun di Bandung ini di namai Curug Bugbrug, karena air yang jatuh dari atas ke bawah itu seperti terlihat bertumpuk-tumpuk. Atau bisa jadi terdengar suara jatuhnya air di dasar curug terdengar suara brug brug brug saking kerasnya. Anda cuma bayar Rp 5.000 saja per orang untuk menikmati kawasan Curug Bubrug.

Selain itu, curug ini termasuk curug yang masih asri, sepi, jarang di kunjungi wisatawan. Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan air laut, Curug Bugbrug memiliki ketinggian tidak kurang dari 50 meter tingginya dengan lebar curug 2 meter. Sementara kolam air di bawahnya yang menampung jatuhan air yang cukup deras ini mempunyai kedalaman mencapai 3-4 meter. Jadi harap hati-hati bagi anak-anak atau orang dewasa yang tak bisa berenang.

Di sekitar air terjun ini terdapat sejumlah batu kali besar menghiasi sisi timur curug. Batu-batu besar ini sering di pilih sebagai tempat berdiri atau duduk para pengunjung tatkala berpose untuk berfoto-ria. Juga di depan curug itu sendiri, terdapat titian dari kayu dan bambu sederhana yang dapat digunakan sebagai tempat duduk santai sembari menatap ke arah curug yang berada persis di depan.

Sejumlah fasilitas seperti toilet, warung yang tersedia di kawasan ini memang belum memadai. Beberapa saung kecil terpasang, namun tak terpakai dan nampak tak terurus. Mungkin, karena jarang ada wisatawan yang datang ke tempat ini dan masih dalam tahap pengembangan.

Untuk menuju Curug Bugbrug ini dapat di tempuh dari arah Curug Cimahi, dengan berjalan ke arah timur dan kemudian (persis di dekat sebuah jembatan) berbelok ke arah utara menyusuri jalan setapak, melewati ladang-ladang dan perkebunan selada air. Curug ini berada persis di sudut sebuah tebing patahan lembang.