SPORTOURISM - Dieng yang terletak di Jawa Tengah merupakan destinasi wisata yang sangat memesona. Dataran tinggi di Pulau Jawa tersebut, berada di ketingggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Di sini terdapat beberapa tempat wisata alam, seperti telaga, kawah, candi, savana, mata air, perbukitan hingga perbukitan.

Selain itu, terdapat juga gunung-gunung dan bukit-bukit yang di sekitar Dieng yang tak kalah menarik. Biasanya, para pendaki menghabiskan waktu liburannya di beberapa gunung berikut ini.

Gunung Prau

Sahabat Sporto, pasti pernah mendengar nama Gunung Prau. Ternyata, gunung tersebut berada di dataran Dieng. Keistimewaan Prau adalah memiliki Padang Rumput yang luas. Memanjang dari sisi Barat ke Timur.

Di Gunung Prau, terdapat barisan bukit-bukit kecil dan pepohonan. Jika cuacanya sedang lembab, gunung satu ini akan dipenuhi bunga Daisy berwarna putih dan pink. Sehingga, semakin mempercantik pemandangannya.

Gunung Bisma

Selanjutnya adalah Gunung Bisma. Kawasan ini termasuk dalam komplek gunung api Dieng. Secara administrasi, letaknya berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Berada di ketinggian 2.365 mdpl. Gunung Bisma merupakan gunung api yang memiliki kawah tertua, dan terpotong ke arah tenggara.

Bisma memang tidak sepopuler pegunungan lainnya. Tapi, pemandangan di sini sungguh memesona. View nya sangat cantik, cocok bagi Sahabat Sporto pecinta fotografi.

Gunung Sipandu

Gunung Sipandu berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara. Namun, masih berada di dataran tinggi Dieng, atau lebih tepatnya terletak dengan Gunung Prau.

Jadi, bagi Sahabat Sporto yang pernah mendaki Gunung Prau, dipastikan pernah melihat Sipandu. Jika ingin mengunjungi Gunung Sipandu, Sahabat Sporto bisa melewati Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Bukit Sikunir

Bagi Sahabat Sporto yang pernah mengunjungi Dieng, pasti sudah tidak asing lagi dengan bukit satu ini. Bukit yang populer di kawasan Dieng tersebut, bisa jadi tujuan menarik untuk dikunjungi.

Bukit ini cukup mudah dicapai. Sahabat Sporto hanya butuh kurang lebih satu jam per jalanan menuju puncak. Selain itu, Sahabat Sporto bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang cantik dari ketinggian.

Bukit Sidengkeng

Jika berenacana pergi ke Dieng, Sahabat Sporto jangan melewatkan mengunjungi Bukit Sidengkeng. Pemandangan di bukit ini sungguh memesona, serta akses perjalanannya cukup mudah untuk dituju.

Di atas ketinggian bukit, Sahabat Sporto bisa melihat kecantikan Telaga Warna dan Pengilon. Pemandangan di Bukit Sidengkeng juga disebut-sebut paling cantik di Dieng.

Bukit Scooter

Bukit Scooter, kini sedang jadi objek wisata populer di kawasan Dieng. Jaraknya cukup dekat dengan Desa Dieng Kulon, yaitu sekitar satu kilometer saja.

Meski butuh perjuangan untuk sampai ke atas bukit, saat tiba, rasa lelah Sahabat Sporto akan terbayarkan. Di atas bukit, wisatawan bisa melihat langsung candi, kawah Sikidang, Bukit Sikunir, Gunung Prau hingga Telaga Warna. [Novie Fauziah]