SPORTOURISM – Setelah puas bermain di salah satu sungai terpendek di dunia yang terlatak di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, paling nikmat mencicipi salah satu kulinernya. Masih jarang diketahui, bahwa kuliner di Kabupaten Kolaka kini sudah mulai beragam. Salah satunya Itik Rekko yang nikmat ini.

Selain kuliner asli Suku Mekongga, suku asli Kolaka, yang berupa sinonggi, kini ada lagi yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sini. Setelah lelah menikmati keindahan alam Sungai Tamborasi yang tenar itu, Sahabat Sporto harus mencoba Itik Rekko.

Baca Juga: Meski Terpendek, Sungai Tamborasi Ini Sangat Indah

Itik Rekko terbuat dari potongan kecil daging itik yang dimasak menggunakan bumbu yang berlimpah. Rempah-rempah seperti lada hitam yang jadi bahan utamanya dicampur dalam daging itik yang telah dimasak sampai empuk.

Rasanya tentu saja didominasi oleh pedas yang menggugah selera. Apalagi berbagai rempah dari racikan rahasianya mampu memberi rasa khas dari hidangan ini.

Itik Rekko ini cukup populer di Kolaka, apalagi di daerah Balandete, Kecamatan Kolaka Kota. Kuliner ini mulai dikenal banyak orang sejak beberapa tahun belakangan. Meski itik sebagai bahan utamanya cukup sulit di sana, namun sajian Itik Rekko sangat lezat.

Cita rasa dari daging itik membuat hidangan ini berbeda. Lebih nikmat lagi, saat Itik Rekko ini disajikan dengan nasi hangat dengan terlebih dahulu diberi tetesan jeruk nipis di atasnya. Satu porsi Itik Rekko dijual berkisar 20-30 rupiah.