SPORTOURISM - Selain Bebek Betutu dan Sate Lilit yang menjadi kuliner khas Pulau Dewata, ada satu lagi kuliner yang harus Sahabat Sporto coba. Namanya Rujak Bulung, karena bahannya yang alami, kuliner ini dipercaya bisa memperlambat penuaan.

Bulung dalam bahasa Bali berarti rumput laut. Hidangan Rujak Bulung ini adalah salah satu menu khas masyarakat Bali. Cara mengolahnya seperti salad, namun berbahan dasar rumput laut.

Rujak Bulung dibuat dengan cara mencampur rumput laut dengan garam, cabai rawit, terasi, kencur, dan parutan kelapa muda. Istimewanya cara makannya adalah dengan dikuahi oleh kuah pindang.

Rasa manis pedas yang tercipta dari hidangan ini membuat cocok untuk dinikmati saat siang hari. Apalagi, rumput lautnya membuat penikmatnya merasakan kesegaran dalam setiap suapannya.

Masyarakat Bali percaya bahwa kudapan ini bisa membuat awet muda. Ya, tentu saja karena khasiat rumput laut yang bisa merawat kecantikan dan menjaganya lebih awet muda.

Selain itu, bagi yang takut akan lemak berlebih. Jangan khawatir, karena rumput laut juga diyakini sekitar 75% menghalangi penyerapan lemak pada usus.

Biasanya, satu porsi Rujak Bulung ini dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah. Sahabat Sporto bisa mencicipinya di warung-warung kecil sekitar Bali. Seperti di wilayah Jalan Blambangan, Kuta, Bali.