SPORTOURISM – Saat Sahabat Sporto menghabiskan waktu berlibut ke Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Kabupaten Batang, ada satu camilan khasnya. Yakni hidangan Opak Sambal yang punya rasa gurih pedas manis, penasaran?

Hidangan berbahan dasar singkong ini memang menarik perhatian. Pasalnya, saat Sahabat Sporto menikmati Deswita Pandansari dengan river tubing saja, ada nama Opak Sambal yang jadi salah satu camilan dalam paketnya.

Baca Selengkapnya: River Tubing, Aktivitas Seru di Deswita Pandansari

Atau saat menikmati suasana desa yang asri dengan berkemah, hidangan ini pun lagi-lagi dijajakan. Ya, nama Opak Sambal memang jadi makanan khas Kabupaten Batang, khususnya saat Sahabat Sporto berkunjung ke Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini.

Opak yang biasa kita kenal adalah camilan dari singkong yang dipipihkan menjadi sajian seperti kerupuk. Cara membuatnya yakni singkong dihaluskan lalu dicetak tipis dan dikeringkan. Setelah itu, opak ini digoreng hingga matang.

Bedanya, opak khas daerah ini diberi tambahan sambal yang di lumuri bagian atasnya. Rasanya pedas, manis, sekaligus gurih menjadi satu. Rasa yang unik ini membuat Opak Sambal jadi salah satu hidangan populer.

Opak Sambal juga jadi salah satu mata pencaharian warga desa, karena produksi camilan ini kebanyakan dari Desa Pandansari. Hingga dijual ke kabupaten atau kota di sekitar Kabupaten Batang. Setiap harinya, permintaan Opak Sambal ini tak pernah sedikit, makanya produsen hidangan ini biasanya membuat hingga ratusan keping opak per harinya.

Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 5.000 rupiah untuk 100 keping opak dalam kemasan. Selain opak, ada lagi hidangan yang juga tak kalah populer di Deswita Pandansari ini, yakni rengginang. Harganya sekitar 200 rupiah per satuan.