SPORTOURISM - Jika berlibur ke Bandung, Sahabat Sporto akan menemukan deretan penjual makanan di pinggiran jalan yang begitu menggoda. Mulai dari aneka minuman hingga berbagai camilan yang siap menemani liburan Sahabat Sporto selama di kota yang dijuluki Paris van Java ini.

Nah, berikut ini beberapa kue street food di Bandung yang terkenal, hingga berubah menjadi makanan kekinian, loh. Selain itu, harganya juga terjangkau gak bakal buat kantong bolong.

Kue Balok

Kue balok merupakan salah satu jajanan khas dari Bandung. Dulu, makanan ini dianggap biasa saja. Tapi kini, kue berbentuk balok dan bertekstur lembut tersebut kembali populer dengan banyak inovasi menambahkan berbagai rasa. Seperti rasa cokelat hingga keju. Sahabat Sporto bisa mendapatkannya di berbagai penjuru wilayah Bandung.

Bandros

Kue khas Jawa Barat satu ini terebuat dari campuran parutan kelapa, tepung beras dan santan. Jenis bandros terbagi dua, yaitu manis dan asin.

Bandros asin biasanya lebih terasa parutan kelapanya, serta taburan gula pasir sebagai penambah rasanya. Sedangkan bandros manis, lebih lembut dan kini memiliki berbagai rasa menarik. Seperti cokelat, keju, susu, nutela, kacang dan lainnya.

Kue Cubit

Beberapa waktu lalu, kue cubit menjadi makanan populer di tengah-tengah masyarakat. Bukan hanya dijual di pedagang kaki lima saja, kue cubit pun sampai ke kafe-kafe hingga restoran sebagai camilan lezat. Rasanya pun bukan hanya cokelat, tapi juga ada keju, green tea, red velvet dan lainnya.

Surabi

Jika di beberapa negara terkenal dengan pancakenya, Indonesia juga punya surabi yang hampir serupa dengan pancake. Seperti halnya bandros, ada rasa manis dan asin. Surabi manis menggunakan gula merah cair atau aneka topping lainnya. Sedangkan surabi asin, biasanya ditaburi oncom hingga telur di atasnya.

Selain itu, cara memasaknya pun unik di atas tungku dan arang. Sehingga menciptakan rasa dan aroma yang begitu menggugah selera. [Novie Fauziah]