SPORTOURISM – Di antara 50 minuman terenak di dunia yang dilansir Travel CNN Internasional, dua merupakan minuman khas Indonesia. Tak disangka, satu di antaranya bahkan masuk dalam 20 besar. Apa saja ya?

Indonesia memang memiliki warisan kuliner yang beragam. Sampai aneka minumannya yang lezat dan diakui dunia. Dalam laman Travel CNN Internasional akhir tahun lalu, dua minuman khas Indonesia ini diakui masuk daftar 50 Minuman Terenak.

Dari urutan paling bontot, Es Cendol dari Indonesia menduduki posisi ke-45. Hidangan khas Indonesia ini memang sempat diklaim jadi minuman asal Malaysia. Namun, pada kenyataannya, Es Cendol sudah ada di Indonesia sejak tempo dulu hingga sekarang.

Lihat saja, banyak penjual cendol di wilayah Jawa Tengah misalnya, rata-rata dijual oleh nenek-nenek dengan cara yang tradisional. Cendol yang terbuat dari tepung beras ini memang segar untuk dinikmati, apalagi dalam cuaca terik.

Ditambah air santai dan gula merah atau sirup, menjadikan cendol lebih legit dan nikmat. Tak salah memang, jika minuman ini jadi salah satu yang terenak, bahkan di dunia.

Es Kelapa Muda/airkelapahijau.bp

Selain, Es Cendol, minuman selanjutnya yang juga dalam daftar 50 Terenak di dunia adalah Es Kelapa Muda. Minuman ini menempati urutan ke-19. Salah satu hidangan yang menyegarkan dan sering ditemui di daerah pantai ini memang lezat.

Apalagi diminum langsung dari buahnya yang masih muda. Atau biasanya Es Kelapa Muda juga ditambahkan sirup berwarna yang membuatnya semakin berasa, ditambah potongan buah kelapanya yang segar.

Kesegaran ini pula yang menjadikan Es Kelapa Muda minuman tradisional khas Indonesia yang diakui karena kemurnian dan kelezatannya di dunia.