SPORTOURISM - Bukan hanya kaya akan sejarah, Cirebon juga punya deretan kuliner yang menggugah selera. Docang misalnya. Konon makanan ini memiliki sejarah yang dianggap misterius.

Jika dilihat sekilas, kuliner khas Cirebon satu ini sangat mirip dengan lontong sayur, namun kuahnnya berwarna kemerahan. Yang membedakannya adalah bahan-bahannya.

Dalam satu porsi docang, terdapat tauge, lontong, oncom dan daun singkong. Soal rasa, makanan ini sangat gurih. Meski warnanya kemerahan, tapi tidak terlalu pedas, lho. Karena menggunakan kuah dage, lebih nikmatnya lagi disantap dengan kerupuk.

Ternyata, kuliner kaki lima ini punya sejarah yang cukup unik karena sudah ada sejak zaman Wali Songo. Konon, Pangeran Rengganis sangat tidak menyukai kehadirab para wali ini. Untuk itu, dirinya berniat untuk meracuninya melalui sebuah masakan.

Namun hal aneh terjadi. Para Wali Songo tidak keracunan sama sekali, malahan mereka (Wali) makin lahap menyantap makanan yang disajikan pangeran tersebut. Kini, docang dianggap sebagai makanan tradisional Cirebon yang penuh sejarah. Tapi tenag saja, makanan ini tidak mengandung racun mematikan.