SPORTOURISM - Venue lompat jauh Asian Games 2018 di Senayan, Jakarta dianggap tidak sesuai standar internasional. Oleh karena itu, delegasi teknis Asosiasi Atletik Asia mengancam menghapus olahraga tersebut dari Asian Games 2018.

Persiapan venue jelang Asian Games 2018 di komplek Senayan Jakarta sudah selesai. Namun kini harus ada kontruksi ulang di venue lompat jauh. Delegasi Asosiasi Atletik Asia (AAA) menilai venue tersebut membahayakan bagi atlet. Posisi bak pasir sebagai landasan dianggap terlalu dekat dengan pagar pembatas lapangan.

Menurut delegasi teknis AAA Cuddy Kotta Valson, keselamatan atlet merupakan harga mati. Jadi, jika panitia penyelenggara tidak segera mengubah posisi bak pasir tersebut, maka lompat jauh akan dihapuskan dari Asian Games 2018. Pesta olahraga empat tahunan yang akan digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus mendatang.

"Kami sangat peduli dengan keselamatan atlet yang akan mengikuti perlombaan. Kami menemukan kesalahan besar pada konstruksi lintasan lari dan bak pasir nomor lompat jauh," kata Valson saat berkunjung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Senin (12/2).

Meski demikian, delegasi AAA yakin Indonesia bisa memperbaiki kekeliruan itu. Panitia penyelenggara masih memiliki waktu. "Indonesia punya waktu lebih dari tiga bulan. Tidak ada masalah untuk perbaikan area yang kecil itu," kata delegasi asal India menambahkan.