SPORTOURISM - Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Suswati Karnavian mengaku sudah menyelam di banyak tempat. Dari beberapa tempat yang pernah didatangi, ia menyebut Labuan Bajo sebagai surganya para penyelam.

Tri Suswati Karnavian merupakan istri dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tidak hanya menjabat sebagai Ketua Bhayangkari, kini ia juga menjadi ketua Wanita Selam Indonesia (WASI). Organisasi yang menginduk pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dan baru didirikan pada Rabu (7/3).

Ia mengambil tanggung jawab tersebut sebagai bentuk kecintaannya pada kegiatan menyelam. Ia ingin lady divers di seluruh Tanah Air lebih terorganisir dan bersama-sama membuat gerakan menjaga keindahan bawah laut Nusantara.



"Rata-rata perempuan Indonesia menganggap diving sebagai olahraga berbahaya dan ekstrem yang identik dengan laki-laki. Itu karena berada di tengah laut, di kedalaman dan lain-lain," kata Tri kepada Sportourism usai pembukaan Deep & Extreme Indonesia 2018 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (8/3).

Pelan-pelan Tri ingin mengubah pandangan itu. Ia ingin mengajak banyak wanita untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Melihat Nusantara lebih dekat. Agar timbul kebangaan sebagai Bangsa. "Menyelam tidak susah kok. Saya sendiri tidak bisa berenang namun saya enjoy. Orang-orang beranggapan menyelam itu harus dalam-dalam. Padahal tidak," kata Tri menambahkan.

Dalam waktu dekat, Tri akan menyelam di Sabang. Ia mengakui, sudah banyak spot cantik yang pernah ia selami. Terutama di Papua. Itu karena dulu sang suami pernah bertugas di sana. Menurutnya, setiap daerah memiliki keunikan masing-masih.

"Sejauh ini, Labuan Bajo spot diving yang paling mengesankan bagi saya," kata Tri mengakhiri.