SPORTOURISM - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah selesai 100 persen. GBK siap digunakan untuk Asian Games XVIII 2018.

Kamis (11/1) malam hari WIB, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana SUGBK. Mereka menggelar pertandingan eksibisi antara pimpinan Kementerian PUPR dengan PT Adhi Karya.

Stadion kebanggaan Negeri Zamrud Khatulistiwa itu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1). Sesaat sebelum kick off laga persahabatan antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia.

"Kami yang bertanggung jawab atas renovasinya melakukan ujicoba untuk melihat kualitas pencahayaan, rumput, tata suara dan papan skor," kata Menteri Basuki.

Penerangan GBK disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Terlebih karena Stadion Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 belum rampung.

Penerangan GBK berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari daya sebelumnya. Namun karena menggunakan lampu LED, jadi tetap hemat listrik dan menghasilkan kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik.

Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. Tata suara GBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis.