SPORTOURISM - Timnas Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah bermain imbang dengan Swedia dalam leg kedua babak play off. Gli Azzurri mengulang catatan kelam di Piala Dunia 1958.

Dalam gelaran Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia mulai 14 Juni mendatang, Italia hanya akan menjadi penonton. Gianluigi Buffon dan kawan-kawan gagal mengamankan satu tiket puratan final setelah bermain imbang tanpa gol dengan Swedia. Yaitu dalam laga kedua play off di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB.

Bagi Italia, itu bukan kegagalan pertama. Mereka mengulang catatan buruk dalam babak kualifikasi Piala Dunia 1958. Kala itu, Italia kalah 1-2 oleh Irlandia Utara yang kemudian lolos sebagai juara Grup Delapan.

Kegagalan tersebut menambah besar coreng hitam Italia sebagai salah satu negara sepak bola. Selain memiliki liga domestik yang terkenal di seluruh penjuru dunia, nama Italia juga memiliki trek rekor bagus di Piala Dunia.

Gli Azzurri sudah empat kali menjadi jawara turnamen sepak bola paling bergengsi di muka bumi. Yaitu pada Piala Dunia 1934, 1938, 1982 dan 2006. [***]