SPORTOURISM - Di usianya yang terbilang relatif muda, Anthony Joshua sudah berada di puncak kegemilangan sebagai petinju. Januari lalu, ia menyebut shalat sebagai salah satu fondasi keberhasilannya.

Anthony Joshua (AJ) merupakan salah satu petinju kelas berat yang tengah bersinar. Petarung Inggris Raya itu belum pernah menelan kekalahan dalam 19 laga yang sudah ia dilakoni. Menariknya, semua kemenangan itu ia raih dengan memukul KO setiap lawan. Termasuk pada laga terakhir melawan petinju Ukraina Wladimir Klitschko di Wembley Stadium, Inggris pada 29 April 2017.

Joshua kini tengah menikmati kesuksesannya sebagai juara kelas berat versi IBF, IBO dan WBA. Prestasi yang membuat petinju berusia 29 tahun itu kerap disebut-sebut sebagai penerus legenda tinju Muhammad Ali.

Selain prestasi yang mentereng, AJ juga memiliki keyakinan yang sama dengan The Greatest - julukan untuk Ali. Sama-sama seorang muslim. Pada 17 Januari 2017, AJ mencuri perhatian dunia maya dengan mengunggah sebuah foto ketika ia sedang shalat.

Dalam foto tersebut, AJ shalat berjamaah bersama dua pria mengenakan gamis. Seperti caption yang tertera pada foto yang ia unggah di akun instagram, kala itu AJ tengah menunaikan shalat ashar di sebuah masjid di Dubai.

"Di samping keberuntungan, kerja keras dan bakat, shalat merupakan pondasi yang kuat. Senang rasanya bergabung dengan saudaraku @healthy_mindset yang memimpin shalat Ashar,” tulis Joshua di instagram.

AJ lahir di Watford, Inggris pada 15 Oktober 1989. Ia memutuskan untuk menjadi petinju profesional pada 11 Juli 2013. Enam hari setelah ia menang KO atas petinju asal Italia Emanuele Leo dalam debutnya. Menarik untuk terus disimak. Akankah AJ bisa mempertahankan rekor tidak terkalahkan? [***]