SPORTOURISM - Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 masih berlangsung. Namun, berbagai persiapannya sudah mulai dirampungkan. Salah satunya bola yang akan digunakan.

Dalam situsnya, fifa.com merilis bola resmi yang akan dipakai saat pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang. Adidas Telstar 18. Re-imagininig terbaru Adidas yang terinspirasi dari bola pertama untuk piala dunia 1970 di Moskow.

Saat televisi masih berteknologi hitam putih, Telstar pertama ini memang paling mencuri perhatian. Adidas pun mengklaim desainnya yang mengubah rancangan bola untuk piala dunia saat itu. 

Selama 40 tahun lebih berikutnya, Telstar masih jadi bola favorit bintang besar persepakbolaan. Seperti Lionel Messi dan Del Piero yang hadir saat pesta peluncuran Telstar 18 di Meksiko (9/11) lalu. 

Bola ini punya fitur teranyar walau dengan desain klasik. Teknologi tinggi dan elemen berkelanjutannya membuat Telstar 18 bagai kembali ke masa jayanya. Tampilan luarnya merupakan desain ulang dari model terdahulunya yang sengaja dibuat Adidas agar mengenang kembali masa 1970-an.

Sementara NFC chip yang terpasang dalam bola, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan bolanya menggunakan smartphone. Teknologi terdepan dalam inovasi bola sepak yang akan menawarkan pengalaman baru bagi konsumen maupun pemainnya. 

Nama Telstar sendiri diambil dari 'star of television'. Bola pertama yang berdesain panel hitam dengan corak memikat. 

"Telstar original adalah salah satu bola sepak paling ikonik sepanjang masa yang mengubah sejarah desain bola untuk piala dunia. Jadi, mengembangkan Telstar 18 namun tetap setia pada model aslinya merupakan tantangan menyenangkan bagi kami," ujar Roland Rommler, Category Director of Football Hardware di Adidas seperti dilansir dalam situs fifa.com. 

Sumber Foto: twitter @adidasfootball