SPORTOURISM – Mi instan memang sangat praktis untuk dimasak dan menawarkan rasa yang menggoda selera. Namun saat pendakian, Sahabat Sporto sebaiknya tidak mengonsumsi mi instan karena dapat memberikan efek kurang baik kepada tubuhmu.

Mengonsumsi mi instan juga memberikan sensasi kenyang sesaat dan mudah merasa lapar kembali. Selain itu, memakan mi instan pun dinilai tidak akan memberikan asupan energi untuk tubuhmu. Sebagai penggantinya, Sahabat Sporto dapat membawa beberapa makanan praktis ini untuk pendakian.

Kentang

Kentang bisa digunakan untuk menggantikan mi instan bahkan beras. Meski mengonsumsi nasi dianjurkan dalam pendakian, tetapi proses menanak nasi akan memakan banyak waktu dan boros air serta menyita tenaga.

Dengan membawa kentang, Sahabat Sporto dapat mengolahnya dengan berbagai cara yang instan dan terbilang mudah. Kentang bisa dimasak dengan cara digoreng, rebus bahkan dibakar. Kentang juga merupakan sumber karbohidrat seperti beras.

Oatmeal

Menyajikan oatmeal sama mudahnya dengan penyajian mi instan, selain itu, oatmeal jauh lebih banyak memberikan asupan energi ke dalam tubuh dibanding mi instan. Oatmeal mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Oatmeal juga terdiri dari berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila manfaat oatmeal sangatlah banyak. Dengan menyantap semangkuk oatmeal panas di pagi hari, Sahabat Sporto siap menaklukkan gunung yang tinggi.

Granola

Panganan ini sama dengan oat hanya saja sudah berbentuk makan ringan atau snack. Granola adalah sajian snack kering dari biji oat yang telah dipipihkan, dikukus dan dipanggang. Granola berbentuk kering, renyah dan gurih meski tidak mendapatkan tambahan bumbu apapun. Granola memiliki kandungan serat oat yang berkali lipat lebih tinggi dari gandum.

Granola juga berpadu sangat baik dengan kandungan serat pada biji-bijian dan kacang-kacangan serta kandungan protein dari semua bahan dan kandungan vitamin serta mineral terutama dari jenis buah kering. Kandungan tersebut membuat granola menjadi paket makanan sehat yang ringan dan mudah untuk dikonsumsi.

Kurma

Buah yang kerap dijumpai saat Ramadhan ini bisa dibawa saat pendakian. Selain siap saji dan mudah dibawa, memakan kurma dapat memberikan energi yang mampu mendongkrak stamina ke dalam tubuh.

Pasalnya, saat Sahabat Sporto memakan kurma, maka makanan ini akan langsung seketika berubah menjadi energi tanpa banyak memakan proses. Oleh karenanya, kamu jangan ragu untuk memasukan buah kurma ke dalam tas carrier sebelum melakukan sebuah pendakian.