SPORTOURISM - Wanita & Gunung merupakan komunitas mendaki khusus wanita, yang memiliki tekad untuk terus mengkampanyekan mendaki dengan Aman dan Nyaman.

Saat ini, dunia pendakian tidak hanya diminati kaum adam saja. Tapi juga kaum hawa. Konsekuensinya, semua wanita yang mendaki harus memiliki persiapan sebaik mungkin. Baik secara fisik, mental dan perlengkapan. Itu karena alam tidak pernah mau kompromi. Alam tidak perduli apakah sang pendaki seorang laki-laki atau perempuan. Hanya yang mau beradaptasi dengan alam yang mampu bertahan atau bisa mendaki dengan aman dan nyaman.

Melihat masih banyaknya para pendaki wanita yang mengesampingkan persiapan, Hera Herdiyanti dan kawan-kawan akhirnya membentuk Komunitas Wanita & Gunung (WG) pada 15 Juni 2015. Komunitas tersebut melangkah dengan satu tekad yang sama yaitu menginspirasi setiap pendaki wanita untuk melakukan pendakian yang aman dan nyaman.

WG merupakan komunitas pendaki wanita bersekala nasional yang berpusat di Jakarta. Hingga saat ini, anggotanya sudah mencapai 64 orang. Beberapa kota yang sudah memiliki basis regional yaitu Jogja, Makassar, Malang dan Medan.

"Rekrutmen keanggotaan WG digelar setiap tahun. Di mana, setiap pendaki wanita harus melewati beberapa tahap seleksi terlebih dahulu sebelum bisa menjadi bagian dari WG," kata Hera kepada Sportourism.

Biasanya WG menggelar sebuah perjalanan untuk seleksi anggota baru. Kadang juga mencomot beberapa pendaki yang aktif mengikuti kopdar dan meet up. Yang kemudian akan disuguhi beberapa tes juga.

Namun, bagi para pendaki wanita yang sudah pernah mengikuti latihan pendakian bersama WG, mereka memiliki nilai plus untuk menjadi anggota komunitas. Seperti para pendaki yang mengikuti Basic Training pertama di Gunung Merbabu pada 25-27 Maret lalu.

Selain meet up yang merupakan wadah untuk berbagi dan berdiskusi, Basic Training juga akan menjadi agenda rutin WG. Basic Training kedua akan digelar pada 2-5 Agustus mendatang di Gunung Semeru. [***]