SPORTOURISM – Saat ini, kemampuan orang untuk mengelilingi dunia mungkin sudah tidak terlalu sulit. Lain halnya jika perjalanan mengelilingi dunia dilakukan pada tahun 1700-an. Ketika beberapa negara-negara di belahan dunia masih dilanda perang, perempuan ini malah menjadi traveler yang berhasil mengelilingi dunia.

Sosok tersebut yaitu Jeanne Baré adalah perempuan kelahiran Perancis, Loire Valley, 27 Juli 1740, yang telah menjelajah dunia dengan menggunakan kapal laut. Berkat aksinya tersebut, Jeanne pun tercatat menjadi wanita pertama yang pernah berkeliling dunia.

Cerita petualangannya memang cukup menarik, sebab awalnya perempuan yang memiliki keahlian di bidang tumbuh-tumbuhan (Botanikus) ini direkrut oleh Pemerintah Perancis yan berencana melepas dua kapal angkatan laut mereka keliling dunia untuk ekspedisi pada tahun 1766.

Namun dalam perekrutan tersebut, Angkatan Laut Prancis melarang tegas perempuan di kapal ekspedisi tersebut. Jeanne pun mengakalinya dengan melakukan penyamaran sebagai laki-laki untuk bisa ikut dalam ekspedisi tersebut.

Jeanne Bare

Kala itu, Jeanne dibantu oleh kekasihnya bernama Philibert Commerçon. Philbert merupakan seorang bangsawan yang berprofesi sebagai naturalis di Angkatan Laut Perancis. Secara kebetulan, Pemerintah Perancis memang membutuhkan botanikus dan asisten untuk Philbert.

Dari hal itu kemudian muncul ide gila Jeanne untuk menyamar. Rencananya pun menuai hasil dan tidak diketahui oleh Angkatan Laut Perancis. Selama dua tahun melakukan penyamaran, Jeanne terpaksa menjadi laki-laki dan melakukan pekerjaan berat layaknya awak kapal demi tujuannya untuk mengelilingi dunia.

Tetapi identitas Jeanne akhirnya terbongkar dan ia pun dipaksa turun sebelum kapal kembali merapat ke Perancis. Banyak versi yang mengatakan kenapa Jeanne harus meninggalkan kapal, tetapi jejak petualangannya tersebut kemudian dirangkum dalam sebuah buku The Discover of Jeanne Baret.