SPORTOURISM – Lautan menjadi salah satu kawasan di permukaan bumi yang masih menyimpan banyak misteri. Berbagai fenomena alam maupun kejadian aneh pun kerap terjadi di beberapa perairan. Ada yang menganggap kejadian tersebut sebagai hal yang menakjubkan namun tak sedikit pula yang menakutkan. Berikut ini beberapa fenomena alam yang terjadi di lautan.

Brinicle

 

Brinicle adalah fenomena berupa formasi es yang unik dan indah di dasar laut. Fenomena ini memang sangat langka dan hanya muncul pada daerah laut tertentu yang memiliki temperatur yang sangat dingin seperti di kutub utara dan selatan. Air yang mengandung garam jatuh pada air yang dingin menyebabkan terjadi pembekuan yang sangat cepat sehingga akan terbentuk formasi es yang memanjang ke dasar laut.

Bioluminescence

 

Fenomena alam ini berupa cahaya yang bersinar di permukaan laut dan umumnya terjadi di tepi pantai. Salah satu fotografer yang mengabdikan fenomena indah ini yaitu Doug Perrine saat berkunjung ke Vaadhoo, salah satu pulau Raa Atoll di Maladewa. Fenomena ini disebabkan karena reaksi kimia alami yang disebut bioluminescence, terjadi pada saat sebuah mikro-organisme di dalam air terganggu oleh oksigen yang menyebabkan bakteri bioluminescent bersinar.

Api di dasar laut

 

Jika umumnya api tidak bisa menyala di perairan, maka tidak berlaku untuk api yang satu ini. Fenomena alam ini terlihat mirip seperti gunung berapi yang sedang mengeluarkan lava cair dan abu vulkanik. Suhunya pun cukup panas bisa mencapai 231 derajat celsius. Meskipun sangat panas, api tersebut tidak cukup untuk memanaskan air yang berada di atasnya.

Pertemuan dua lautan

 

Fenomena lautan yang cukup unik ini terjadi di selat Gibraltar. Fenomena ini berupa garis di lautan yang memisahkan air antara laut Atlantik dan Mediterania. Kedua warna air tampak berbeda dan tak pernah membaur jadi satu. Beberapa ilmuwan mengklaim penyebabnya adalah perbedaan suhu, kadar garam dan kerapatan atau tegangan air sehingga menghasilkan dinding pembatas tipis yang memisahkan kedua air tersebut.

Red Tide

 

Fenomena yang satu ini pernah terjadi di lautan Indonesia, tepatnya di daerah Bali, Sulawesi dan Kalimantan. Red tide merupakan fenomena perubahan air laut dari kebiruan menjadi merah atau orange. Hal ini disebabkan oleh ledakan populasi fitoplankton yang hidupnya melayang-layang di permukaan air laut. Meski terlihat indah fitoplankton akan mengeluarkan zat kimia beracun yang bisa membunuh makhluk hidup lain.

Foto : Pinterest.com