Sportourism - Kudus Rencanakan Tarif Tetap untuk Becak dan Ojek Wisata

Kudus Rencanakan Tarif Tetap untuk Becak dan Ojek Wisata

Kudus Rencanakan Tarif Tetap untuk Becak dan Ojek Wisata

SPORTOURISM – Tarif becak wisata di Kudus, Jawa Tengah yang masih amburadul kerap kali dijadikan bahan permainan para penarik becak dan ojek sepeda motor. Akibatnya para wisatawan sering dirugikan. Untuk mengatasi masalah ini Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus berencana memberlakukan tarif tetap untuk becak wisata.

 

Kepala Dishub Kudus Didik Sugiharto mengatakan pihaknya akan segera melakukan uji coba tarif ini untuk rute rute Terminal Wisata Bakalan Krapyak-Menara Kudus dan sebaliknya.

 

Untuk itu nantinya wisatawan yang hendak berangkat ke Makam Sunan Kudus dari Terminal Wisata Bakalan Krapyak dapat membeli tiket terlebih dulu melalui loket. Cara ini diharap dapat menghindarkan wisatawan dari penarik becak  dan ojek wisata yang ingin mematok tarif seenaknya.

 

Selanjutnya penarik becak dan ojek dapat menukarkan tiket tersebut dengan uang. Dengan kata lain, mereka dilarang menarik ongkos dari wisatawan.

 

Rencana kebijakan ini menyusul banyaknya keluhan masyarakat akan tingginya tarif transportasi becak dan ojek sepeda motor. Didik memperkirakan saat ini terdapat sekitar 600-an penarik becak dan ojek wisata.

 

Tak hanya pemberlakuan tarif tetap, jadwal operasi becak dan ojek sepeda motor ke depannya bakal diatur. Becak mendapat giliran pagi hingga petang, sedangkan ojek diizinkan mengaspal pada malam hari.