BATAM – Batam memang destinasi dunia yang ramah dan hangat. Buktinya, Kota Batam dipilih warga Singapura untuk merayakan Mother Day 2019. Ada banyak keseruan yang bisa dinikmati peserta asal Negeri Singa tersebut selama berada di Batam.

Mother Day 2019 versi publik Singapura dirayakan Minggu (12/5). Pada Hari Ibu ini, seluruh masyarakat Singapura merayakannya secara luas. Beragam agenda terbaik disiapkan guna memuliakan Mother Day. Termasuk, memindahkan pesta perayaannya ke Bay City, Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau. Mother Day 2019 di sini akan dirayakan Sabtu (11/5).

“Perayaan Mother Day memang unik. Setiap negara berbeda. Tapi, hakikat esensinya sama. Memuliakan seorang ibu. Bagi masyarakat Singapura, Mother Day ini sangat spesial dan dirayakan khusus. Kami ini tentu gembira menjadi venue perayaan Mother Day masyarakat Singapura. Artinya, Batam tetap sebagai destinasi yang luar biasa,” ungkap Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Kamis (9/5).

Setiap negara memang memiliki hari dan cara tersendiri merayakan Mother Day. Di Indonesia misalnya, Mother Day jatuh setiap 22 Desember. Adapun 75 negara merayakan Mother Day di hari Minggu ke-2 setiap Mei. Selain Singapura, negara ini diantaranya Malaysia, Tiongkok, Australia, Jerman, dan Amerika Serikat. Lalu, beberapa negara Eropa lain dan Timur Tengah memperingati Mother Day setiap 8 Maret.

“Merayakan Mother Day di Batam tentu sangat spesial. Sebab, ada aneka keseruan yang bisa dinikmati oleh publik Singapura. Selain pesta perayaan, masyarakat Singapura juga bisa mendapatkan experience lain yang luar biasa dari Batam. Kota ini adalah destinasi lengkap dengan alam, budaya, dan manmade yang luar biasa,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Memindahkan venue perayaan ke Batam, pesta Mother Day sedikitnya akan diikuti oleh 150 wisatawan asal Singapura. Konsepnya dinner dengan beragam culture performance. Untuk dinner, beragam kuliner terbaik asal Batam akan disajikan. Sudah menjadi rahasia umum, Batam terkenal dengan kekhasan dan cita rasa nikmat kulinernya.

Beberapa kuliner khas dan nikmat asal Batam, diantaranya Gonggong. Gonggong sejatinya siput laut dengan cita rasa gurih. Teksturnya pun kenyal. Selain Gonggong, ada juga Luti Gendang. Berbentuk roti, Luti Gendang memiliki isian berupa ikan dengan bumbu khusus. Ada juga Bingka Bakar, Nasi Dagong, Mie Sagu, Mie Lendir, hingga Mie Tampe plus Otak-Otak.

“Kualitas kuliner di Batam adalah yang terbaik. Bukan hanya cita rasanya, kuliner ini juga dibuat dari bahan baku berkualitas. Kuliner khas Batam bisa diekplorasi di tiap sudut kota. Harganya juga ramah. Dengan kuliner khas asal Batam, kami yakin perayaan Mother Day publik Singapura di Batam semakin istimewa,” tegas Kiki-sapaan Rizki Handayani.

Menguatkan experience terbaiknya, perayaan Mother Day di Batam akan menampilkan banyak culture performance. Beberapa diantaranya, seperti Tari Persembahan dan Melayu Kreasi. Memiliki akar budaya Melayu, Batam juga menyimpan kekayaan seni luar biasa. Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menjelaskan, Mother Day menguatkan arus kunjungan wisman.

“Dengan beragam potensinya, Batam adalah destinasi terbaik. Dengan konsep yang ditawarkan, kami sangat yakin jumlah peserta akan terus bertambah. Keberadaan perayaan Mother Day memberi impact positif bagi pariwisata Batam. Pergerakan wisman di Batam otomatis semakin bagus, khususnya dari Singapura,” jelas Dessy.

Pergerakan wisatawan Singapura menuju Batam sangat kompetitif. Sepanjang 2018, arus pergerakannya mencapai 1,03 Juta orang dengan paspor Singapura. Slot tersebut memiliki prosentase sekitar 57,2% dari total kunjungan wisatawan Negeri Singa ke Indonesia. Sepanjang tahun lalu, arus masuk wisatawan asal Singapura mencapai 1,8 Juta atau naik 13,5% dari 2017.

“Singapura pasar potensial bagi Batam atau Kepri bahkan Indonesia. Kehadiran ratusan wisatawan Singapura untuk merayaan Mother Day di Batam tentu luar biasa. Pergerakan wisatawan dari Singapura semakin optimal. Event ini juga akan menjadi branding ideal bagi Batam,” papar Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.

Dipilihnya Batam sebagai venue perayaan Mother Day masyarakat Singapura diapresiasi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar menegaskan, Batam sebagai destinasi terbaik dengan beragam value yang ditawarkan. “Kami mengucapkan selamat merayakan Mother Day di Batam. Destinasi ini terbaik. Aksesibilitasnya juga mudah dari Singapura. Silahkan eksplorasi sisi lain dari Batam. Enjoy Batam,” tutupnya.