JAKARTA – Pesta besar akan digelar di kawasan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (28/4). Namanya, pesta bertajuk Untukmu Indonesia. Acaranya dijamin akan memanjakan pengunjung. Dari mulai beragam parade seni dan budaya yang spektakuler, hingga sajian kuliner gratis, bisa dinikmati di acara ini.

Untukmu Indonesia akan digelar sejak pagi. Startnya mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Even ini diselenggarakan dalam rangka Pesta Rakyat, Hari Tari Nasional, dan pemecahan Rekor MURI. Yaitu Kirab Merah Putih Terpanjang. 


Even ini akan menggelar beragam show pada 5 panggung di dalam area Monas. Bagi yang suka fasilitas gratis, maka bersiaplah untuk dimanjakan. Sedikitnya ada 8 fasilitas yang bisa langsung dinikmati. Seperti fasilitas pengobatan gratis, reflexology, bahkan sunat gratis juga diberikan. 

“Semua bisa bergembira di even Untukmu Indonesia. Kami mengundang semua elemen masyarakat untuk hadir di sana. Ada banyak kemeriahan yang bisa dinikmati bersama. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas terselenggaranya even ini,” kata Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Rabu, 25 April 2018. 

Pesta akbar ini merupakan kolaborasi dari berbagai elemen. Support diberikan oleh ‘Enjoy Jakarta’ yang digawangi Dinas Pariwisata Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta. Ada juga dukungan dari Dinas Pendidikan Jakarta. 

Kemasan eventnya super padat. Sebab, sedikitnya ada 14 kelompok besar fasilitas yang bisa dinikmati. 

“Karena ini pesta akbar, maka ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Mulai dari beragam seni dan budaya hingga kuliner gratis. Untuk yang gratis-gratis lainnya juga ada banyak sekali jenisnya. Pokoknya momen langka ini jangan sampai terlewatkan,” terang Pitana. 

Sedangkan Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sumarni menambahkan, Untukmu Indonesia juga akan diisi aksi sosial.

“Program Untukmu Indonesia menyediakan beragam event terbaik. Selain memberikan kegembiraan dan hiburan, Untukmu Indonesia juga membawa misi sosial. Fasilitas kesehatan hingga sunatan akan diberikan secara gratis. Fasilitas ini harus dioptimalkan,” ujar Sumarni. 

“Semua fasilitas yang diberikan itu cuma-cuma atau gratis. Makanan hingga sembako akan diberikan free bagi para pengunjung. Transportasi menuju Monas akan diberikan gratis juga. Yang penting datang lebih awal dan berlaku tertib,” sambung Sumarni lagi. 

Untuk aksesibilitas, pengunjung disarankan memakai fasilitas Trans Jakarta. Sebab, pengunjung bisa berhenti langsung di depan Monas atau IRTI. Bila menggunakan kendaraan pribadi dari rumah, maka disarankan mencari kantung parkir terdekat. Alternatifnya, memarkir kendaraan di wilayah Harmoni, Senen, Kemayoran, juga lokasi lain yang terkoneksi jalur Trans Jakarta. 

Yang perlu dicatat, ada rule di agenda ini. Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan bahkan sampai ikutan memandu  pengunjung untuk memahami aturan even ini.

“Ada beberapa hal yang harus dimengerti pengunjung. Untuk transportasi, optimalkan Trans Jakarta. Ini untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Dan sebelum memasan makanan di Monas, tanyakan gratis atau tidak. Pokoknya patuhi semua regulasi yang berlaku,” terang Wawan Gunawan. 

Menjadi pintu masuk utama, pengunjung harus menukarkan semua kupon di IRTI. Penyelenggara juga mengingatkan, fasilitas Lenggang Jakarta bukan area kuliner gratis. 

Kalau makan di situ, pengunjung harus membayar sendiri. Pengunjung juga disarankan memakai dress code dengan atasan warna merah atau putih. Dilarang mengenakan atribut partai politik. 

Tanggapan Menteri Pariwisata Arief Yahya singkat, padat dan jelas. Messagenya sangat clear. Dia berharap gelaran ini dimanfaatkan warga Jakarta dan sekitarnya. 

“Event Untukmu Indonesia ini sungguh luar biasa. Ini pesta rakyat yang sebenarnya karena banyak sekali fasilitas yang diberikan gratis. Namun begitu, pengunjung harus berlaku sopan dan tertib. Tidak perlu saling berebut. Semoga semua bisa bergembira di event Untukmu Indonesia. Enjoy Jakarta,”  kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.